Fakultas Vokasi ITS Raih 11 Juara Olimpiade Vokasi Indonesia IX 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui Fakultas Vokasi meraih 11 penghargaan pada Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA) IX 2024 yang digelar Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) di Universitas Hasanuddin Makassar.

Dalam kompetisi tersebut, ITS mengirimkan 12 tim delegasi yang berlaga di 11 bidang lomba di babak final. Kontingen ITS meraih tiga gelar juara I, tiga gelar juara II, tiga gelar juara III, satu gelar juara Harapan I, dan satu gelar juara harapan II.

Sebelas penghargaan tersebut mengantarkan ITS menduduki posisi kedua perguruan tinggi terbaik dalam olimpiade tingkat nasional ini.

Baca Juga:  ITS Luncurkan Mobil Sapuangin Terbaru, Optimistis Pertahankan Juara di SEM 2024

Juara pertama diraih tim dari kategori Handling and Restrain Design, Renewable Machine Tool Design Technology, dan Applied Health Science Innovation.

Sedangkan, juara II diraih tim dari kategori Aquascape Design Prototype, Mechanical Engineering CAD, dan English Debate.

Untuk kategori Biotechnology Innovation, Innovative Design, dan Social Legal Fields meraih juara III. Sementara, untuk juara Harapan I diraih dari kategori Business Plan, dan juara Harapan II dari kategori Social and Legal Fields.

Baca Juga:  Hadapi Ancaman Siber, Untag Surabaya Siap Perkuat Sistem Keamanan Informasi

Salah satu dosen pembimbing tim ITS, Slamet Budiprayitno ST MT mengatakan, proses tim yang dibimbingnya, yakni tim Naturescrapers. Proses bermula pada Maret 2024, yakni penyusunan proposal atau karya purwarupa untuk seleksi tahap pertama.

”Dari ratusan proposal yang diseleksi, tim tersebut berhasil mewakili ITS di babak final untuk kategori Aquascape Design Prototype dan sukses menyabet juara II. Di tengah waktu yang sempit, tim berhasil menciptakan purwarupa lingkungan air di hutan dengan pencahayaan tepat,” ujar Slamet, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga:  Naik Drastis, Mahasiswa Asing UMM Tembus 2.115 Pendaftar

Koordinator Tim OLIVIA IX ITS, Ir I Putu Eka Widya Pratama SSi MScRWTH mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas Vokasi ITS pada ajang bergengsi tersebut.

Kejayaan ITS di OLIVIA IX 2024 merupakan hasil kerja keras dan antusiasme tinggi dari para mahasiswa dan dosen Fakultas Vokasi.

”Tak lupa dukungan dari seluruh pihak turut menyertai keberhasilan ini. Kami berharap agar di tahun berikutnya, ITS dapat meraih lebih banyak gelar juara, sehingga mengantarkan ITS menduduki kembali podium Juara Umum,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *