18 Murid SMA di Sidoarjo Digembleng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjadi Green Ambassador

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sebanyak 18 murid SMA di Sidoarjo mengikuti Green Youth Movement (GYM), mulai Senin (15/7/202) dan berakhir Sabtu (20/7/2024) di Kantor DLHK Sidoarjo.

GYM ini merupakan angkatan II yang pelaksanaanya serentak digelar nasional dan dibuka secara virtual oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Menurut Penyuluh Lingkungan Hidup DLHK Kabupaten Sidoarjo Indah Yulianti, yang merangkap fasilitator kegiatan ini mengatakan, GYM pada dasarnya merupakan program pendidikan dasar gerakan lingkungan hidup yang menyediakan wadah bagi para generasi muda untuk bertukar pengetahuan dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup serta memfasilitasi tumbuhnya generasi muda sebagai pelopor dan duta penyelamat lingkungan hidup dan kehutanan.

Baca Juga:  Naik Drastis, Mahasiswa Asing UMM Tembus 2.115 Pendaftar

“Green Youth Movement yang digagas Kementerian LHK ini memiliki target pelajar SMA menjadi peserta didik. Bentuk pendidikan yang dikembangkan adalah mengusung konsep Simpul Belajar yang berfungsi sebagai ruang kelas untuk para peserta Green Youth Movement selama fase in-class berlangsung. Dengan menggunakan jejaring daring, setiap Simpul Belajar akan mendapatkan praktik belajar mengajar yang sama,” tutur Indah, Senin (22/7/2024).

Menurutnya, GYM merupakan wadah bagi Green Ambasador untuk bertukar cerita dan pengalaman tentang pengelolaan lingkungan hidup.

Baca Juga:  Pemkab Banyuwangi Kembali Luncurkan Angkutan Pelajar Gratis, Sejak 2017 Telah Layani Ribuan Pelajar
Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Kamboja, Peluang Lolos ke Semifinal Terbuka Lebar, Ini Klasemennya

“Setelah mengikuti kegiatan ini selama sepekan, diharapkan para peserta mampu menginspirasi generasi muda lainnya untuk memikirkan, mencari dan ikut menangani permasalahan lingkungan hidup yang ada,” imbuh Indah.

Sementara itu, Tri Wijayanti, fasilitator kegiatan ini menerangkan, 18 peserta yang mewakili 9 SMA di Sidoarjo ini merupakan siswa-siswi pilihan yang kompeten di bidang lingkungan hidup.

“Setiap lulusan simpul belajar ini akan diambil satu peserta terbaik dan akan diwisuda Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ucap Tri yang juga Penyuluh Lingkungan Hidup di DLHK Sidoarjo ini.

Dia berharap, ke 18 peserta ini nantinya menjadi Green Ambassador, dan menyebarkan serta mempraktikkan ilmu yang mereka dapat, baik di sekolah di lingkungan mereka tinggal. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *