ASEAN U-19 Boys Championship 2024
Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Kamboja, Peluang Lolos ke Semifinal Terbuka Lebar, Ini Klasemennya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Peluang Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal ASEAN U-19 Boys Championship 2024 terbuka lebar, setelah di laga kedua Grup A memetik kemenangan 2-0 (0-0) atas Kamboja di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Seiring raihan tiga poin ini, tim asuhan Indra Sjafri itu kokoh di puncak klasemen sementara mengumpulkan enam poin. Pada laga pertama Indonesia menang 6-0 atas Filipina.

Tidak seperti melawan Filipina, laga kontra Kamboja berlangsung alot. Apalagi, Kamboja lebih banyak bertahan dengan menumpuk pemainnya di daerah pertahanan. Itu membuat Dony Tri Pamungkas dkk kesulitan menjebol gawang Kamboja. Hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 0-0.

Kerja keras Indonesia membuahkan dua gol di babak kedua yang semuanya lahir dari set piece tendangan penjuru yang dilepas Muhammad Kafiatur.

Gol pertama dari sundulan Kadek Arel menit 71 dan gol kedua lewat Iqbal Gwijangge menit 86, setelah ada kemelut di depan mulut gawang Kamboja. Ini menjadi gol kedua bagi Kadek Arel dan gol ketiga bagi Iqbal Gwijangge di event ini. Kedua pemain ini merupakan duet center back Indonesia U-19.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 Pesta Gol Kalahkan Filipina U-19 6-0 di ASEAN U-19 Boys Championship 2024, Ini Klasemennya

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengungkapkan timnya memang kesulitan membongkar pertahanan lawan dan mencetak gol, selama hampir 70 menit laga. Itu juga karena Kamboja bermain sangat bertahan, dengan menggunakan formasi 5-3-2 yang hampir menumpuk semua pemainnya di area pertahanan mereka sendiri.

“Tentu saya tetap mengapresiasi perjuangan para pemain. Walaupun mereka, saya pikir, saya sendiri, mereka sudah berjuang untuk bisa memenangkan pertandingan, walaupun sulit,” kata Indra usai laga.

Indra mengakui, pertandingan melawan Kamboja tidak mudah. Timnya dihadapkan pada strategi pertahanan yang cukup dalam dari Kamboja, sehingga membutuhkan kesabaran dan sirkulasi bola yang cepat.

“Karena yang kita hadapi tadi mereka itu bermain dengan tim deep defending, benar-benar butuh kesabaran, butuh sirkulasi bola yang lebih cepat,” ucapnya.

Baca Juga:  Asprov PSSI Jatim Gelar Kongres, Ini yang Disampaikan Ahmad Riyadh dan Ratu Tisha

Indra kembali menjelaskan kalau para pemain banyak melakukan kesalahan dalam passing dan kurangnya pemanfaatan lebar lapangan oleh para pemainnya. Karenanya, di babak kedua, dia mengubah strategi dengan fokus pada serangan langsung ke dalam kotak penalti.

“Tapi di babak pertama kita banyak salah passing dan kita pergunakan lebar lapangan, yang biasanya kita overload di pinggir tapi mereka bisa tutup itu dan akhirnya di babak kedua kita ubah coba untuk bisa directly di dalam penalty area, dan ada dua gol terjadi di babak kedua dan ini perlu disyukuri,” ungkapnya.

Di babak penyisihan Grup A, Indonesia menyisakan satu laga melawan Timor Leste, Selasa (23/7/2024). Indra mengaku kembali akan melakukan rotasi pemain di pertandingan tersebut.

“Yang pasti chance kita untuk lolos grup itu sudah sangat terbuka dan kita akan berpikir untuk pertandingan di babak selanjutnya,” tuturnya.

Baca Juga:  Derby Jatim di Liga Futsal Profesional Imbang, Unggul FC Malang sempat Unggul hingga Menit 37

Sementara itu Kadek Arel, yang dalam laga ini dinobatkan menjadi pemain terbaik, mengatakan rasa syukurnya, terima kasih kepada para suporter dan kemenangan ini adalah hasil jerih payah serta kerja sama tim yang baik.

“Terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah mendukung kita, karena tanpa dukungan kalian, kita tidak bisa apa-apa. Soal gol tadi, itu adalah berkat kerja keras semua pemain, di mana tadi saya dapat umpan tendangan sudut dari Kafiatur, dan kebetulan saja saya berada di posisi yang tepat, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi saya selanjutnya untuk bisa membantu tim ini menjadi lebih baik lagi,” beber pemain dari Bali United itu.

“Astungkara di pertandingan malam hari ini, kita bisa mendapatkan tiga poin lagi, kedua juga tidak lupa kepada keluarga dan teman-teman saya yang sudah mendukung saya. Pastinya kita akan selalu evaluasi, semoga bisa kembali meraih kemenangan di laga selanjutnya,” tutupnya. (*)

HASIL PERTANDINGAN GRUP A
SABTU, 20 JULI 2024
Filipina 2-0 Timor Leste
Kamboja 0-2 Indonesia

RABU, 17 JULI 2024
Timor Leste 3-2 Kamboja
Indonesia 6-0 Filipina

JADWAL PERTANDINGAN GRUP A
SELASA, 23 JULI 2024
19.30 WIB – Indonesia Vs Timor Leste – GBT
19.30 WIB – Kamboja Vs Filipina – Gelora 10 Nopember

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Indonesia 22008-06
2.Timor Leste21013-43
3.Filipina 21012-63
4.Kamboja20022-50

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *