Pemain Timnas Indonesia Rachmat Irianto Raih Gelar Sarjana di Unesa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Pemain Timnas Indonesia, Rachmat Irianto menjadi satu di antara 1.506 wisudawan dan wisudawati dari berbagai jenjang, mulai dari Ahli Madya hingga Doktor yang mengikuti prosesi wisuda periode ke-110 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (11/7/2024).

Ditemui di sela-sela prosesi wisuda di Graha Unesa Surabaya, Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, menjalani wisuda usai mendapat gelar Sarjana dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa.

Pemain Persib Bandung ini mengaku, bisa lulus dengan prestasi membanggakan meski sedikit molor.

“Senang ya, deg-degan. Ini yang ditunggu-tunggu jauh-jauh dari Bandung dari semalam terus datang ke wisuda, jadi senang,” ujar pria asal Surabaya itu.

Baca Juga:  Rachmat Irianto Bangga Jadi Pembawa Obor Api AUG 2024 di Unesa

Rian menulis skripsi tentang biografi dirinya sendiri yang diberi judul “Profil Atlet Sepak Bola Rachmat Irianto dalam Proses Pencapaian Prestasi”.

“Skripsinya tentang diri saya sendiri, mulai berkarier sampai menjadi sekarang ini,” terangnya.

Rian menceritakan, dalam perjalanannya membuat skripsi tersebut, ia juga sempat kesulitan membagi waktu antara latihan dan menuntaskan pendidikan. Sebab, sebagai pemain profesional, ia juga harus mengikuti waktu dan aturan yang ditentukan di klub tempatnya bermain.

Baca Juga:  Program Studi Kedokteran Unair Banyuwangi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Mulai 9 Juli 2024
Baca Juga:  Timnas Garuda Muda Raih Peringkat III ASEAN U-16 Boys Championship 2024 Kalahkan Vietnam U-16 5-0, Begini Pesan Erick Thohir

“Waktu bertemu sama dosen yang sangat sulit karena banyak jadwal latihan dan TC (training camp) waktu itu,” katanya.

Namun, pemain yang juga pernah membela Persebaya Surabaya tersebut, bertekad ingin melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 dan menjadi pelatih tim sepak bola.

“Kalau dapat rezeki, insyaallah mau lanjut S2. Jurusannya mau ngambil olahraga juga. Kalau melenceng takut. Ingin jadi pelatih. Kalau dosen bisa kalau dapat rezeki,” ungkapnya.

Ke depan, Rian berharap apa yang ia dapatkan di bangku kuliah, bermanfaat untuk kariernya. “Semoga semua dilancarkan, baik karier maupun pendidikan,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *