Unesa: 29 Peserta Disabilitas Lolos Jalur Mandiri, Bebas UKT dan SPI

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melakukan seleksi wawancara kepada 49 peserta disabilitas yang mendaftar lewat skema penerimaan khusus disabilitar jalur Mandiri. Hasilnya, 29 di antaranya dinyatakan lolos.

“Antusiasme peserta disabilitas kuliah di Unesa cukup tinggi. Mereka ada yang tunadaksa, tunagrahita, tunanetra, dan tunarungu,” ujar Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr Sukarmin, Selasa (2/7/2024).

Menurut Dr Sukarmin, seleksi disabilitas disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta berdasarkan jenis disabilitasnya. Seleksi ini untuk melihat minat, motivasi, dan minat peserta yang bisa dikembangkan selama kuliah.

Baca Juga:  Unusa Deklarasi Kampus Bebas Sampah Plastik, Komitmen Jaga Lingkungan

Wakil Rektor IV Unesa, Dr Martadi mengatakan, dibukanya jalur disabilitas ini untuk memberi kesempatan penyandang disabilitas yang memiliki semangat tinggi dan potensi untuk studi lanjut di perguruan tinggi.

“Ketika yang disabilitas diberi kesempatan belajar di perguruan tinggi, kami yakin mereka akan mampu berinovasi untuk menangani permasalahan riil yang dihadapi para disabilitas dengan tepat,” jelasnya.

Baca Juga:  Menpora Resmi Buka AUG 2024 di Unesa, Komitmen Gelar Event Olahraga sesuai Standar
Baca Juga:  FK Unair Beri Edukasi dan Pelatihan Cegah Penyakit Hepatitis B

Sesuai pesan Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan MKes, Martadi menyatakan, penyandang disabilitas di Unesa bebas biaya uang kuliah tunggal (UKT) dan sumbangan pengembangan institusi (SPI). Artinya, mereka bisa kuliah dengan gratis.

“Dengan kebijakan ini kami harap para calon mahasiswa baru disabilitas semakin semangat untuk belajar dan mengembangkan potensinya bersama Unesa,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *