ASEAN University Games 2024
Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen Sementara Perolehan Medali ASEAN University Games 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tiga hari menjelang penutupan ASEAN University Games (AUG) 2024, kontingen tuan rumah Indonesia kokoh memimpin klasemen sementara, hingga Rabu (3/7/2024) pukul 07.30 WIB.

Ajang yang diikuti mahasiswa dari 11 negara di Asia Tenggara itu, saat ini sedang mempertandingkan tujuh cabang olahraga (Cabor) yang masih bisa diperebutkan medalinya.

Cabor-cabor tersebut, adalah atletik, panahan, bola basket, bola voli pantai, pencak silat, sepak takraw, dan taekwondo.

Baca Juga:  Noveldi Raih Emas 10.000 Meter Putra, Buka Keran Medali Atletik di ASEAN University Games 2024

Hingga saat ini, kontingen Indonesia berhasil mengumpulkan total 183 medali. Rinciannya, 78 emas, 64 perak, dan 41 perunggu.

Tiga besar cabor dengan perolehan emas terbanyak yang diikuti Indonesia, yakni renang dan wushu, masing-masing meraih 19 emas, disusul judo yang menyumbang 10 emas.

Posisi kedua klasemen AUG 2024, ditempati Thailand dengan perolehan 68 medali, yakni 29 emas, 22 perak, dan 17 perunggu.

Baca Juga:  Tenis Indonesia Juara Umum ASEAN University Games 2024, Raih Empat Emas Ungguli Thailand
Baca Juga:  Futsal Indonesia Raih Emas Bekuk Malaysia di Final ASEAN University Games 2024, Thailand Kebagian Perunggu

Posisi ketiga, ditempati Malaysia dengan perolehan 73 medali, yakni 18 emas, 23 perak, dan 32 perunggu. Posisi keempat ditempati Singapura dengan 44 medali, yakni tujuh emas, 18 perak, dan 19 perunggu.

Berdasarkan jalannya pertandingan sementara, Vietnam terus mengejar Singapura yang terpaut satu medali emas.

Posisi kelima Vietnam meraih 13 medali, yakni enam emas, empat perak, dan tiga perunggu. Disusul posisi keenam ditempati Laos dengan perolehan tiga emas, dua perak dan lima perunggu. Peringkat ketujuh, ada Filipina yang meraih masing-masing dua medali emas, perak, dan perunggu.

Posisi kedelapan, Kamboja mengungguli Brunei Darussalam yang berada si peringkat sembilan. Meskipun sama-sama meraih satu emas, Negara Angkor Wat itu masih unggul dengan tiga perak, dan dua perunggu.

Selanjutnya, di posisi ke-10 ada Myanmar yang memperoleh tujuh perak. Sementara, Timor Leste mengoleksi tiga perunggu di urutan 11 klasemen sementara perolehan medali AUG 2024. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *