Selend Sabrina Robin, Siswi SMAN 1 Sidoarjo Diterima di Fakultas Kedokteran Unair dengan Nilai UTBK Tertinggi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Prestasi menggembirakan diraih Selend Sabrina Robin. Lulusan SMAN 1 Sidoarjo ini berhasil diterima di Fakultas Kedokteran Unair. Bukan sekadar diterima. Ia bahkan meraih nilai tertinggi UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dengan nilai 834,71.

Awalnya Selend tidak percaya ia benar-benar diterima di Fakultas Kedokteran Unair dengan nilai tertinggi. Ia bercerita, pada pertengahan Juni 2024 lalu, ia menerima telepon dari Unair yang mengabarkan hal ini. Namun Selend menghiraukan suara laki-laki di seberang telepon tersebut.

Keraguan Selend sirna saat Unair mengirimkan surat resmi ke sekolahnya, ia diterima dengan nilai tertinggi di fakultas favorit Unair ini.

Baca Juga:  FK Unair Siapkan Dokter Spesialis Dukung PPDS Berbasis Rumah Sakit

“Habisnya sekarang banyak penipuan, maka saat itu telepon saya hiraukan. Setelah menerima surat resmi, baru saya percaya,” ucap Selend saat ditemui suryakabar.com di SMAN 1, Sabtu (29/6/2024) sore.

Belakangan, Selend tahu, suara lelaki yang dulu dihiraukan itu adalah suara seorang guru besar Unair.

Selend merasa, tak mudah masuk Fakultas Kedokteran Unair. Butuh perjuangan hebat, apalagi sebelumnya dia aktif terlibat di berbagai kegiatan yang menggerus waktu belajarnya seperti pengurus OSIS, Paskibra hingga menjadi Duta Genre.

Baca Juga:  Dokter Unusa: Bahasa Isyarat Penting bagi Pelayanan Kesehatan Pasien Bisu-Tuli

Setahun terakhir saat duduk di kelas XII, ia melepas sedikit demi sedikit kesibukannya tersebut dan fokus belajar untuk masuk perguruan tinggi. Tujuannya satu, Fakultas Kedokteran Unair.

“Saya aktif ikut bimbingan belajar baik di luar maupun di sekolah, juga belajar daring. Jam belajar juga saya tambah. Syukurlah bisa masuk Fakultas Kedokteran Unair,” terang sulung dari tiga bersaudara ini.

Menimba ilmu dan menjadi dokter memang harapan Selend. Saat SD dulu, cita-cita itu sudah terpatri dibenaknya. “Saat itu saya lihat dokter mengobati orang sakit. Kayaknya keren ya kalau kelak saya bisa menjadi seorang dokter, bisa mengobati dan menolong orang,” ujar Selend mengenang. Kini cita-cita Selend kecil terbuka lebar.

Baca Juga:  Prodi Kedokteran Unesa Jadi Jurusan Paling Ketat Jalur SNBP 2024

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Sidoarjo Dr Eko Redjo Sunariyanto mengatakan, terkesan dengan raihan Selend. “Ini bisa menjadi contoh dan dorongan bagi adik-adik kelas untuk belajar lebih giat lagi. Semangatnya bisa menginspirasi adik-adik kelas,” tutur Eko.

Eko menambahkan, saat parenting orang tua kelas X an XI, prestasi Selend menjadi perbincangan hangat. “Kalau orang tua, sekolah serta komite sinkron maka akan muncul Selend Selend berikutnya,” harap Eko. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *