ASEAN University Games 2024
Tim Catur Indonesia Raih 2 Emas di Kategori Blitz Chess ASEAN University Games 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Catur Indonesia berhasil meraih dua medali emas pada kategori Blitz Chess yang digelar di UPN Veteran Jawa Timur, Kamis (27/6/2024). Pertandingan catur ini diikuti 38 atlet mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Timor Leste.

Blitz Chess atau yang dikenal dengan sebutan catur kilat ini menuntut untuk berpikir dengan cepat. Para atlet bermain maksimal selama 10 menit dan dibagi menjadi 7 round.

Kemudian, dilanjutkan dengan kategori Rapid Chess, di mana atlet bermain maksimal selama 30 menit dalam 1 round. Para atlet bermain secara individu, baik putra maupun putri, kemudian dilanjutkan bermain secara tim.

Baca Juga:  Futsal Indonesia Juara Grup dan Lolos ke Semifinal Hadapi Timor Leste atau Brunei di ASEAN University Games 2024

Dalam ranking akhir Blitz Chess AUG 2024, Azarya Jodi Setyaki, atlet catur mahasiswa asal Indonesia berhasil merebut medali emas pada kategori Men Individu Blitz Chess, Girbert Elroy Tarigan asal Indonesia meraih medali perak, dan Lik Zang Lye asal Malaysia meraih medali perunggu.

Sementara itu, di kategori Women Individu Blitz Chess, pecatur mahasiswi asal Vietnam, Nguyen Hong Anh meraih medali emas, Ummi Fisabilillah asal Indonesia meraih medali perak, dan Bach Ngoc Thuy Duong asal Vietnam meraih medali perunggu.

Pada Team Men Blitz Game, tim Indonesia yang terdiri dari Azarya Jodi Setyaki, Dziththauly Ramadhan, Gilbert Elroy Tarigan dan Goerge Lamia meraih medali emas. Tim Malaysia yang terdiri dari Lye Lik Zang, Fahman Arasy Ayub, Mukhriez Shah Mahmood dan Muhd Hafizuddin Zulkifli meraih medali perak.

Baca Juga:  Tenis Beregu Indonesia Kawinkan Medali Emas di ASEAN University Games 2024
Baca Juga:  Wushu Indonesia Borong 8 Medali Kategori Taolu di ASEAN University Games 2024

Kemudian, tim Singapura yang terdiri dari Jun Hao Tan, Jek Kai Aloysius Teo, Jing Kai Bryce Tan dan Dominic Law meraih medali perunggu.

Di Team Women Blitz Game, tim Vietnam yang terdiri dari Nguyen Hong Anh, Bac Ngoc Thuy Duong, Pham Tran Gia Thu dan Nguyen Ngoc Yen Vy meraih medali emas. Tim Indonesia yang diperkuat Laysa Latifah, Ummi Fisabilillah, Yuliana Evy dan Diajeng Theresa Singgih meraih medali perak.

Setelah prosesi pengalungan medali, Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof Dr Ir Akhmad Fauzi MMT IPU menyampaikan rasa bangga atas tim catur Indonesia yang meraih medali emas di rumah sendiri.

“Medali emas ini bisa menjadi semangat tim catur Indonesia agar bisa merengkuh medali emas di kategori lainnya pada AUG 2024 ini,” tegas Prof Fauzi.

Gelaran Chess Game AUG 2024 di UPN Veteran Jatim masih akan berlangsung hingga 1 Juli 2024. Cabang olahraga catur akan dilanjutkan Rapid Games, serta Standart atau Classic Games yang akan ditutup dengan Awarding Rapid Category. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *