Haji 2024
PPIH Debarkasi Surabaya Catat 57 Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya mencatat sedikitnya 57 jemaah haji asal Jawa Timur wafat di Tanah Suci, Makkah. Jumlah tersebut setara dengan 19 persen dari keseluruhan jemaah haji yang wafat secara nasional.

“Secara keseluruhan atau nasional, jemaah haji yang wafat sebanyak 307 orang. 57 Orang di antaranya dari Jatim. Ini jumlah jemaah wafat update per hari ini. Semoga almarhum jadi ahli surga, keluarga diberi ketabahan,” ujar Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Jumat (28/6/2024) malam.

Menurut Haris, mayoritas jemaah yang meninggal tersebut berusia lanjut atau lansia. Meski, ada beberapa jemaah yang wafat usianya di bawah 50 tahun.

Baca Juga:  PPIH Debarkasi Surabaya Catat 4.814 Jemaah Haji sudah Tiba di Tanah Air
Baca Juga:  Empat Kloter Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air, Tandai Fase Pemulangan Jemaah Haji
Baca Juga:  BBKK Surabaya Catat 30 Jemaah Haji Asal Jatim Wafat di Tanah Suci

“Faktor penyebabnya itu ada yang sesak napas, paru-paru, jantung, kanker dan lainnya. Tapi, mayoritas lansia,” ungkapnya.

Sedangkan, jemaah haji Debarkasi Surabaya yang sakit sebanyak satu orang dan masih dirawat di Medan, serta ada beberapa yang sudah kembali ke daerah asal.

“Hari ini dijadwalkan tiga kloter datang. Secara keseluruhan aman lancar, yang sakit dirujuk bisa dibawa pulang ke Kota Malang,” jelasnya.

Haris menyebut, total jemaah haji Debarkasi Surabaya yang sudah kembali ke Tanah Air hingga, Jumat (28/6/2024) sebanyak 8.146 jemaah haji atau sudah mencapai 21 persen dari keseluruhan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *