Dosen Unusa Terima Penghargaan Kebahasaan atas Kontribusi 50 Tahun Berkarya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Dosen Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Dr Suharmono Kasiyun MPd menerima penghargaan di bidang kebahasaan dan kesusastraan 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas dedikasi dan kontribusi luar biasa selama kurang lebih 50 tahun dalam berkarya di bidang sastra, dan memperkuat serta memajukan komunitas sastra di Indonesia.

Suharmono dikenal sebagai sosok yang aktif dalam dunia kesusastraan. Ia telah menulis berbagai karya sastra yang diakui, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya, karya Den Bagus (novel) pernah menjadi Juara Harapan Sayembara Roman Dewan Kesenian Jakarta pada 1980 silam.

Baca Juga:  Dokter Unusa: Bahasa Isyarat Penting bagi Pelayanan Kesehatan Pasien Bisu-Tuli

Kontribusinya tidak hanya terbatas pada penulisan, namun juga mencakup pembinaan komunitas sastra melalui berbagai program pelatihan dan seminar yang ia inisiasi.

Dalam kesehariannya, Suharmono juga aktif mengajar dan membimbing mahasiswa program studi (Prodi) PPG Unusa untuk mencintai dan mengembangkan sastra Indonesia.

Suharmono menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ia menekankan, penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk seluruh komunitas sastra, sastrawan, dan akademisi yang telah bekerja sama dengannya.

Baca Juga:  Ubaya Buka Kelas Khusus Atlet dan Beri Beasiswa 100% Sampai Lulus

“Saya merasa terhormat menerima penghargaan ini. Ini adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi banyak pihak. Saya berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan sastra Indonesia agar dapat dinikmati generasi mendatang. Mari kita bersama-sama terus memperkuat komunitas sastra kita,” ujar Suharmono, Jumat (28/6/2024).

Suharmono berharap generasi muda dapat lebih mencintai sastra Indonesia dan terus berinovasi dalam menciptakan karya-karya baru yang dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Raih Predikat Duta Pendidikan Indonesia

“Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan para sastrawan dan komunitas sastra di Indonesia akan semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman. Peran sastra dalam melestarikan nilai-nilai budaya bangsa melalui karya-karya bermutu diharapkan akan terus berlanjut dan semakin berkembang,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusa, Dr Muhammad Thamrin Hidayat mengaku bangga dan mengapresiasi dedikasi Suharmono. Menurutnya, Suharmono telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam memajukan kebahasaan dan kesusastraan.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari kontribusi dan kerja keras beliau. Kami berharap penghargaan ini dapat memotivasi beliau dan juga dosen lainnya untuk terus berinovasi dan berkontribusi lebih dalam bidang ini dan bidang-bidang lainnya,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *