Universitas Brawijaya Kirim 5 Tim Mahasiswa di Ajang Kompetisi Robot Indonesia

MALANG, SURYAKABAR.com – Universitas Brawijaya (UB) melepas lima tim mahasiswa yang akan bertarung di ajang Kompetisi Robot Indonesia 2024 di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lima tim UB lolos pada KRI tahun ini. Empat tim dari FT UB dan satu tim dari FILKOM UB yang tergabung dalam beberapa divisi, yaitu Robot Sepak Bola Humanoid, Robot Sepak Bola Beroda, Robot Tari, ABU Robocon dan Robot Tematik.

Setiap divisi telah mempersiapkan robot mereka dengan matang melalui serangkaian penelitian dan pengembangan yang intensif. Mereka juga telah melewati berbagai tahapan dan latihan untuk memastikan performa terbaik dalam kompetisi yang diikuti nanti.

Sama seperti tahun sebelumnya, FT UB dengan FILKOM UB berkolaborasi bersama dalam ajang ini. Pelepasan secara resmi tim KRI berlangsung di Auditorium Prof. Ir. Suryono FT UB dan dihadiri Wakil Dekan III FT UB dan FILKOM UB, dosen pembimbing, serta para mahasiswa, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga:  Angkat Inovasi Kaum Disabilitas, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Juara di Malaysia

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FT UB, Dr.Eng. Ir. Herry Santosa, S.T., M.T., IPM., memberikan motivasi dan semangat kepada tim yang akan bertanding karena sebelumnya UB pernah berjaya di masa lalu di ajang yang sama. Perkembangan dari universitas lain menjadi tantangan tersendiri bagi UB.

“Kami sangat bangga dan mendukung penuh perjuangan kalian. Kompetisi ini bukan hanya ajang untuk meraih prestasi, tetapi juga kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Tunjukkan yang terbaik dan bawa nama baik almamater,” ujar Herry.

Selain itu sambutan disampaikan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FILKOM UB, Arif Rahman.

Baca Juga:  Industri Otomotif Siap Jajaki Kerja sama dengan Fakultas Teknik Untag Surabaya

Ia menyampaikan, pada saat mengikuti setiap kompetisi harapannya adalah untuk menjadi juara. UB sangat serius untuk mendukung berbagai aktivitas mahasiswa pada saat mengikuti berbagai kompetisi. Filkom dan FT UB sangat mendukung untuk kesuksesan pada KRI tahun ini.

“Kita telah berlatih keras dan melakukan berbagai persiapan. Semoga segala yang telah kita siapkan selama ini dapat membawa hasil yang baik di ajang tahun ini,” terang Arif Rahman.

Baca Juga:  ITS Luncurkan Mobil Sapuangin Terbaru, Optimistis Pertahankan Juara di SEM 2024

Eka Maulana, ST, MT., M.Eng. selaku salah satu dosen pembimbing menambahkan, kompetisi ini juga menjadi ajang untuk mengembangkan pengalaman bertanding para mahasiswa.

“Selain keterampilan teknis, kompetisi ini juga mengasah kemampuan kerjasama tim dan mengatasi tantangan yang dihadapi. Kami berharap pengalaman ini akan sangat berharga bagi mahasiswa di masa depan,” ujar Eka.

Kompetisi Robot Indonesia (KRI) merupakan ajang bergengsi yang diikuti berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. KRI bertujuan untuk mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam bidang robotika dan otomasi.

Tahun ini, Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi tuan rumah bagi kompetisi yang akan berlangsung dari 1 hingga 6 Juli 2024.

Dengan semangat dan persiapan yang matang, diharapkan Tim KRI UB dapat meraih hasil yang gemilang dan mengharumkan nama Universitas Brawijaya di tingkat nasional. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *