ASEAN University Games 2024
Rachmat Irianto Bangga Jadi Pembawa Obor Api AUG 2024 di Unesa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang juga gelandang Persib Bandung, Rachmat Irianto dipercaya sebagai pembawa obor api pada opening ceremony 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 di Internasional Basketball Arena Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kampus 2 Lidah Wetan, Selasa (25/6/2024) malam.

Obor api 21st AUG 2024 dilakukan usai defile para atlet, pengibaran bendera ASEAN University Sport Council (AUSC), dan pembacaan janji atlet.

Pada opening ceremony ini juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, dan Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Baca Juga:  Sekjen Kemendikbudristek : AUG Penting Bentuk Desain Besar Olahraga Nasional

Dalam kesempatan itu, Ryan, sapaan akrabnya, mengaku bangga dengan kampusnya yang menjadi salah satu tuan rumah gelaran 21st AUG 2024.

“Bangga karena bisa mengenalkan, Unesa sudah berkembang jauh lebih besar,” katanya usai opening ceremony 21st AUG 2024 di Internasional Basketball Arena Unesa Kampus 2 Lidah Wetan Surabaya.

Menurut Ryan, gelaran AUG 2024 ini juga bisa menjadi media untuk lebih mengenalkan kampusnya hingga ke luar negeri.

“Dengan begitu, karena ada AUG ini bisa menjadi daya tarik Unesa. Jika ada yang berminat dari luar negeri bisa kuliah di sini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Menpora Resmi Buka AUG 2024 di Unesa, Komitmen Gelar Event Olahraga sesuai Standar
Baca Juga:  Kembangkan Merdeka Belajar, UNU Sumatera Barat Jalin Kerja Sama dengan UNU Sidoarjo

Ryan berharap para atlet atau mahasiswa yang mewakili Indonesia bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang tersebut. “Para atlet atau mahasiswa Indonesia di ajang ini harus bisa berprestasi dan sukses,” terangnya.

Turnamen olahraga mahasiswa bergengsi tingkat Asia Tenggara tersebut, mulai berlangsung 25 Juni hingga 6 Juli 2024, dan Jawa Timur (Surabaya dan Malang) dipercaya sebagai tuan rumah.

Sejak pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981, Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

Event olahraga antar perguruan tinggi se-ASEAN ini, melibatkan partisipasi aktif dari 11 negara anggota ASEAN. Yakni, Indonesia, Malaysia, Laos, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Filipina. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *