ASEAN University Games 2024
Menpora Resmi Buka AUG 2024 di Unesa, Komitmen Gelar Event Olahraga sesuai Standar

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, resmi membuka gelaran 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 di Internasional Basketball Arena Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kampus Lidah Wetan, Selasa (25/6/2024) malam.

Dalam kesempatan itu, Menpora mengatakan, Indonesia akan terus berkomitmen untuk menggelar event olahraga sesuai standar, baik dari segi keamanan maupun kenyamanan.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi seluruh delegasi yang datang, dan kami akan menyuguhkan keindahan kekayaan alam Jawa Timur kepada seluruh delegasi yang hadir. Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat, yang telah menyelenggarakan ASEAN University Games 2024 ini,” katanya.

Baca Juga:  7.614 Camaba Diterima di Unesa Jalur SNBT 2024

Menurut Menpora, melalui turnamen semacam ini, potensi olahraga para atlet akan bisa terus berkembang menjadi lebih baik karena mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan.

“Kalian representasi semangat muda yang penuh energi dan optimisme dari negara masing-masing untuk kompetisi yang adil. Harus semangat, penuh energi dan optimisme yang membawa harapan ke depan,” ungkapnya.

Menpora juga menekankan kepada seluruh atlet agar mengedepankan sportivitas dalam setiap pertandingan yang dilaksanakan dalam AUG 2024.

“Selain berupaya meraih medali, juga harus menjalin persahabatan dan menjalin komunikasi antar sesama negara,” terangnya.

Baca Juga:  Pemain Unggul FC Malang, Albagir dan Zidani Dipanggil Ikut ASEAN University Games 2024

Dalam kesempatan yang sama, PIC AUG 2024 yang juga Rektor Unesa, Prof Dr Nurhasan MKes menegaskan, Unesa sebagai kampus yang memiliki keunggulan di bidang olahraga akan terus mendukung gelaran olahraga, termasuk di tingkat internasional.

“Kita siap mendukung untuk menyukseskan ASEAN University Games, harapannya ini menjadi turnamen yang luar biasa, karena ini juga demi bangsa dan negara,” jelasnya.

Baca Juga:  Industri Otomotif Siap Jajaki Kerja sama dengan Fakultas Teknik Untag Surabaya

AUG 2024 mempertandingkan 21 cabang olahraga di antaranya futsal, petanque, bola voli, tenis, renang, sport climbing, 3×3 basketball, judo, handball, wushu, bridge, chess.

Kemudian, atletik, bola basket, bulu tangkis, panahan, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, pencak silat, hingga karate.

Sedangkan, khusus di Unesa, dipertandingkan cabor futsal, voli, basket, atletik dan petanque. AUG 2024 digelar di Surabaya dan Malang mulai 25 Juni hingga 6 Juli 2024. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *