Mahasiswa UMM Raih Predikat Duta Pendidikan Indonesia

MALANG, SURYAKABAR.com – Amelia Salsabilla Anatasya, mahasiswi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memenangkan ajang Duta Pendidikan Indonesia.

Bella, sapaan akrabnya mengatakan, impian kecilnya adalah menjadi model, namun karena satu dua hal dirinya tak berhasil menjadi model dan merasa minder.

“Tapi di sinilah peran besar orang tua saya. Keduanya mendukung penuh apapun yang saya lakukan. Pesan beliau hanya satu waktu itu, Bella harus jadi orang yang tanggung jawab atas apa yang dilakukan,” ucapnya.

Pesan orang tuanya ia wujudkan saat ia duduk di bangku kuliah. Ia berhasil menyabet juara 1 pada ajang Duta Pendidikan Indonesia yang diadakan Yayasan Putera Puteri Duta Pendidikan Indonesia (PPDI) 2024.

Baca Juga:  Ramah Lingkungan, UMM Bungkus Daging Kurban Pakai Daun Singkong dan Talas

Pada perhelatan, Juni 2024 tersebut, ia memiliki program kerja bertema “Believe Your Dream”. Program tersebut bertujuan meningkatkan pendidikan bagi anak yatim piatu di panti asuhan.

Latar belakang ia memilih panti asuhan karena dirinya pernah menjadi volunteer Jejak Mengabdi Indonesia di 2023 selama dua bulan.

Berangkat dari situ, ia akhirnya memberanikan diri mengabdikan dirinya mendidik anak panti asuhan seperti Panti Asuhan Mambaul Hikmah, Panti Asuhan Harapan Asrori, dan Panti Asuhan Sunan Kalijaga.

“Banyak yang bisa diambil dari pengalaman itu. Apalagi, ada panti asuhan yang juga mengasuh anak berkebutuhan khusus. Saya jadi bisa belajar bahasa isyarat dan belajar bagaimana cara mendidik setiap individunya,” tambahnya.

Baca Juga:  Semarak Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Sudah Terasa di RW 05 Perumahan Taman Candiloka Candi Sidoarjo

Bella menekankan pada pendidikan karakter bagi anak sekolah dasar. Mulai dari belajar mengenai sejarah Indonesia, belajar mengenai character building, juga belajar bersosialisasi dengan masyarakat.

Tak jarang, ia juga membantu pekerjaan sekolah anak panti asuhan sebagai salah satu programnya. Setelah belajar, biasanya ia mengajak anak panti asuhan bermain bersama seperi permainan gobak sodor, petak umpet, dan lain sebagainya.

Ke depannya, ia juga akan mendirikan platform komunitas untuk mengajak masyarakat turut ikut serta mensejahterakan pendidikan anak-anak, khususnya bagi anak di panti asuhan.

Baca Juga:  Ribuan Warga Sidoarjo Ikuti Aksi Bela Palestina

“Saya ingin program yang saya buat bisa mendorong masyarakat turut membantu mensejahterakan pendidikan,” tambahnya.

Tak hanya menjadi duta pendidikan Indonesia, Bella juga beberapa kali mengikuti ajang serupa seperti Duta Kampus Jawa Timur 2023 hingga runner up Puteri Nusantara Jawa Timur 2023. Bella juga aktif dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PPKn UMM.

Untuk itu ia berharap, tak hanya dirinya yang dapat mencapai impiannya, namun para mahasiswa UMM lain. Menurutnya, kepercayaan diri dan tidak takut mencoba akan selalu memberikan hasil yang baik.

“Cukup mulai melangkah maju, karena pasti akan ada yang mendukungmu,” pungkasnya. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *