Pemkab Sidoarjo Berencana Beli Beras Petani Sidoarjo untuk Bantuan Pangan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Plt. Bupati Sidoarjo Subandi bersama Bulog dan PT YASA melanjutkan penyaluran bantuan pangan beras. Kali ini giliran empat desa di Kecamatan Tulangan yang mendapatkannya.

Empat desa tersebut meliputi Desa Grabagan, Kepunten, Grinting, dan Grogol. Kedatangan Subandi dan rombongan disambut hangat masyarakat.

Di Kecamatan Tulangan, terdapat 5.662 KPM. Semuanya menerima bantuan beras 10 Kg. Di Desa Grabagan ada 382 KPM, Kepunten 522 KPM, Grinting 341 KPM, dan Grogol 300 KPM. Beras ini merupakan alokasi bantuan bulan Mei 2024.

Di wilayah Sidoarjo, total KPM mencapai 92.127. Tempat tinggal menyebar di 18 kecamatan. Semua telah menerima beras untuk alokasi bulan Mei 2024.

”Terima kasih Pak Lurah, Pak Kades, dan TKSK yang telah membantu distribusi beras ini,” ungkap Plt Bupati Subandi saat bertemu warga Desa Grogol.

Baca Juga:  Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Lepas Ekspor PT Integra Indocabinet Sedati Sidoarjo

Subandi berharap bantuan beras ini dapat menekan harga beras. Juga mengendalikan angka inflasi, serta meningkatkan sektor pertanian di Sidoarjo, terutama membantu perekonomian warga yang menerima bantuan.

Kualitas beras sudah bagus. Bisa langsung dikonsumsi oleh keluarga PKM. ”Beras ini jangan sampai di jual di toko,” pesan Subandi.

Berkat peran para kepala desa dan lurah, tenaga desa, serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), proses distribusi di 18 kecamatan berjalan baik. Mereka mendata masyarakat yang tidak mampu. Sesuai sasaran bantuan pangan.

”Peran pemerintah desa dan TKSK mendata masyarakat yang tidak mampu sudah bagus. Dengan begitu, kita bisa tau berapa jumlah KPM yang perlu diberi bantuan,” ungkap Subandi.

Baca Juga:  BEM Unusida Gelar Turnamen Futsal antar-SMA/SMK/MA, Kuota Peserta 32 Tim
Baca Juga:  FK Unair Beri Edukasi dan Pelatihan Cegah Penyakit Hepatitis B

Subandi berencana membantu para petani Sidoarjo untuk bekerja sama dengan Bulog serta Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo.

Beras hasil sawah dari petani Sidoarjo bisa dijadikan beras untuk bantuan pangan warga Sidoarjo juga. Jadi, dari Sidoarjo untuk Sidoarjo. Petani dapat manfaat. Penerima bantuan pun dapat manfaat juga.

”Konsepnya, hasil tani dari Sidoarjo akan kita beli melalui Bulog. Kemudian, beras itu akan dijual dan didistribusikan untuk kepentingan masyarakat Sidoarjo sendiri,” terang Subandi.

Bantuan pangan beras adalah program pemerintah berupa penyaluran beras yang bersumber dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog.

Program ini merupakan salah satu pemanfaatan CBP sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *