Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia Kalahkan Filipina, Ukir Sejarah Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia mengukir sejarah seiring keberhasilannya lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian itu, setelah di matchday terakhir Grup F  Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Dua gol kemenangan Indonesia dicetak dari tendangan jarak jauh Thom Haye dari luar kotak penalti menit 32 dan sundulan Rizky Ridho menit 56 menyambut tendangan penjuru yang dilepas Nathan Tjoe-A-On.

Berkat raihan tiga poin itu, Indomesia finis di posisi runner up Grup F mengumpulkan 10 poin, hasil tiga kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah. Juara Grup F direbut Irak yang menyapu bersih kemenangan di enam laga.

Keberhasilan Indonesia ini sekaligus menyingkirkan Vietnam dan Filipina yang menempati posisi ketiga dan keempat klasemen Grup F. Vietnam mengumpulkan enam poin, sementara Filipina di posisi juru kunci hanya meraih satu poin.

Selain lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, sukses merebut posisi runner up Grup F ini juga memastikan Indonesia lolos ke Piala Asia 2027.

Baca Juga:  Calvin Verdonk Bisa Bertanding Saat Timnas Indonesia Lawan Filipina

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong puas atas kemenangan tim asuhannya atas Filipina. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut pertandingan tersebut tidak mudah bagi timnas Indonesia, apalagi pertahanan Filipina cukup kokoh hingga 30 menit babak pertama.

“Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Usai Telan Kekalahan dari Irak, Erick Thohir: Pelatih dan Pemain harus Evaluasi
Baca Juga:  Akademi Indomaret Sidoarjo Rebut Juara dan Pemain Terbaik di Watungkal Cup U-15 2024 Lamongan

Shin Tae-yong sadar di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi timnas Indonesia jauh lebih kuat. Asnawi Mangkualam berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, Australia, Iran, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya.

“Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah.”

“Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga),” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *