Berita Sidoarjo
Warga Perumahan Istana Mentari Sidoarjo Peduli Lingkungan Kompak Ikuti Kerja Bakti

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kekompakan peduli lingkungan ditunjukkan warga RT 10 RW V Perumahan Istana Mentari, Kelurahan Cemengkalang, Kecamatan Sidoarjo. Mereka menggelar kerja bakti, Minggu (9/6/2024).

Sejak sekitar pukul 06.00 pagi, warga terlihat berkumpul di Utara Masjid As Salam. Mereka membawa peralatan kerja bakti seperti cangkul, sapu serta peralatan lainnya. Warga kemudian serentak bergerak menuju selokan yang membentang di antara rumah warga.

“Kerja bakti ini merupakan gairah baru kami untuk menjaga kebersihan lingkungan. Yang menjadi perhatian kami adalah selokan yang kondisinya mulai dangkal,” tutur Ketua RT 10, Dedi Juritno.

Baca Juga:  RT 3 RW V Perumahan Taman Candiloka Desa Ngampelsari Wakili Kecamatan Candi dalam Lomba RT Sehat se Kabupaten Sidoarjo

Oleh warga, empat selokan di lingkungan RT 10 kemudian disisir. Selain dangkal, warga menemukan banyak sampah, mulai sampah daun hingga potongan papan kayu. Sampah-sampah teesebut lalu dikumpulkan dan diangkut.

“Nantinya, selokan ini dikeruk dan dasarnya diplester agar air mengalir lancar. Apalagi nanti kalau di musim penghujan, agar air tidak menggenang dan berisiko menjadi sarang nyamuk,” imbuh Dedi.

Baca Juga:  RT 24 RW 07 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT Sehat Kabupaten Sidoarjo, Hadiahnya Rp 300 Juta
Baca Juga:  Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia Lewat Aksi Tukar Rokok dengan Susu

Ia berharap, warga tetap kompak dan peduli lingkungan. “Kalau lingkungan sekitar tempat tinggal kita bersih, semua warga yang merasakan kenyamanan. Dari kita untuk kita,” harap Dedi.

Dengan kerja bakti, Dedi berharap, tidak hanya menghasilkan lingkungan yang bersih, namun juga warga yang rukun dan guyub.

Penyuluh Lingkungan Hidup DLHK Kabupaten Sidoarjo, Indah Yuliati, yang juga warga Perumahan Istana Mentari mengapresiasi gotong-royong warga.

“Ini merupakan virus baik yang harus terus disebar. Bukan hanya untuk warga perumahan kami saja, namun juga warga lain di Kota Delta,” ujar Indah.

Untuk memompa semangat warga, Indah akan menggelar lomba kebersihan antar RT di Perumahan Istana Mentari. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *