Unair Raih Posisi 308 Perguruan Tinggi Top Dunia Versi QS WUR

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Airlangga (Unair) Surabaya berhasil menempati peringkat ke-308 World University Rankings (QS WUR) atau sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia berdasarkan lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds (QS).

Sedangkan di Indonesia, Unair menduduki peringkat keempat sebagai perguruan tinggi terbaik tingkat nasional.

Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak mengatakan, prestasi tersebut menjadi salah satu capaian sekaligus bukti kegigihan seluruh sivitas akademika Unair di bawah kepemimpinannya.

“Terkait capaian Unair untuk yang di QS WUR, Unair sangat bersyukur. Bayangan kami sejak awal kita bisa menjadi bagian 500 perguruan tinggi top dunia itu sudah karunia yang luar biasa dan kita patut bersyukur. Apalagi posisi kita berada di 308, tentu ini menjadi hal yang luar biasa,” ujar Prof Nasih saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Rektorat Unair Kampus C MERR Surabaya, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga:  500 Mahasiswa Vokasi Unair Ikuti Program MBKM ke Luar Negeri Tiap Tahun

Prof Nasih menjelaskan, capaian yang telah berhasil diraih tidak lepas dari banyak indikator.

Pertama, untuk employer reputation Unair berada di posisi 80 dunia, dan berada di nomor 2 secara nasional. Untuk academic reputation, yakni di posisi 310 secara global dan di posisi 4 secara nasional. Pada indikator faculty/student ratio di posisi 259 secara global dan posisi 3 secara nasional.

“Lalu, indikator international faculty ratio berada di angka 330 secara global dan 3 secara nasional. Indikator terakhir yaitu International Research Network (IRN) berada di angka 701 dan terbaik nomor 1 di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga:  1.200 Mahasiswa Ikut Rektor Cup 2024 UMM, Jadi Wadah Potensi Anak Muda
Baca Juga:  Usai Telan Kekalahan dari Irak, Erick Thohir: Pelatih dan Pemain harus Evaluasi

Menurut Prof Nasih, capaian tersebut akan digunakan sebagai perbandingan agar ke depan bisa lebih baik lagi. Bahkan, di akhir masa jabatannya, Unair ditargetkan dapat berada di posisi di bawah angka 300 sebagai perguruan tinggi terbaik dunia.

“Ini menjadi challenge kerja kita semua. Bagaimana sesungguhnya posisi Unair dibandingkan dengan perguruan tinggi yang sangat luar biasa kualitasnya. Dan, alhamdulillah Unair cukup bagus capaiannya,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan tahun depan yang akan diumumkan pada Juli 2025 kita bisa berada di angka di bawah 300. Ini akan kita pertahankan. Kuncinya, Alhamdulillah Unair bisa fokus, bekerja, bersemangat, dan istiqomah pada strategi yang kita rancang,” pungkas Prof Nasih. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *