SGN PG Semboro Target Produksi Gula Konsumsi 56 Ribu Ton pada 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) melalui Pabrik Gula (PG) Semboro Jember menargetkan penggilingan tebu sebanyak 793 ribu ton dan produksi gula konsumsi sebanyak 56 ribu ton pada 2024.

General Manager PG Semboro, Agus Budi Juwono mengatakan, target tahun ini meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Pada 2023, capaian PG Semboro sebanyak 43 ribu ton gula konsumsi dan menggiling 625 ribu ton tebu. Meski dampak el nino pada tebu masih dirasakan hingga saat ini, pihaknya optimistis target tersebut dapat dicapai.

“Steam test telah dilakukan, peralatan sudah diuji dan dinyatakan sudah siap giling. Kami mulai giling tanggal 3 Juni 2024. Efek el nino masih terasa pada tebu, tetapi kami optimistis tercapai. Salah satunya dengan bertambahnya luasan kebun kurang lebih hingga dua ribu hektare,” ujar Agus, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga:  SGN dan Petrokimia Gresik Jalin Kerjasama, SGN Siap Penuhi Pupuk Petani Mitra Lewat Program Makmur

Direktur Operasional SGN, Dodik Ristiawan mengatakan, hingga saat ini delapan pabrik gula SGN sudah memulai giling untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat. Yakni PG Kwala Madu Sumatera Utara, PG Rendeng dan PG Mojo di Jawa Tengah, PG Ngadiredjo, Gempolkrep, Assembagus, Pradjekan dan Poerwodadie di Jawa Timur, dan dalam waktu dekat jumlahnya akan bertambah.

“Hingga saat ini, delapan pabrik gula SGN telah giling. PG Poerwodadie juga baru memulai giling dan akan disusul pabrik gula lainnya untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi masyarakat. Komitmen kami jelas untuk tercapainya ketahanan pangan yakni swasembada gula,” jelasnya.

Dodik menegaskan, meski fokus utama pada pencapaian swasembada gula nasional, unit kerja pabrik gula juga memberikan kontribusi pada daerah masing-masing. Di antaranya, stimulasi perekonomian masyarakat, serapan tenaga kerja, hingga menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Baca Juga:  Good YPTA Governance Menuju Tata Kelola Unggul YPTA Surabaya
Baca Juga:  ITS Luncurkan Drone Pendeteksi Emisi Udara Pertama di Indonesia

“Tahun ini, SGN target giling tebu 13,5 juta ton dan produksi tahun 2024 sebesar total 992 ribu ton gula kristal putih. Selain pemenuhan kebutuhan gula konsumsi, SGN memberikan kontribusi sebagai stimulan ekonomi, menyerap tenaga kerja hingga menyumbang PAD di masing-masing daerah kerja,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua APTRI PG Semboro, Achmad Sutrisno memberikan dukungan penuh dan berharap proses giling PG Semboro berjalan lancar.

“Harapan kami, giling bisa berjalan lancar. Untuk para petani ayo kirim tebu yang bagus, MBS (manis bersih segar) ke PG Semboro sehingga rendemennya bisa tinggi,” katanya.

Pada kegiatan selamatan buka giling tersebut dihadiri Direktur Operasional, VP Teknik Pengolahan beserta jajaran, manajemen dan karyawan PG Semboro, Ketua Badan Koordinasi Wilayah dan Pembangunan Jember (Bakorwil V Jember) Nana Fadjar Pridjantoro, Ketua Dewan Pembina APTRI Arum Sabil, Jajaran Muspika dan Kepala Desa Semboro serta undangan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *