Good YPTA Governance Menuju Tata Kelola Unggul YPTA Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya siap menerapkan Good YPTA Governance di semua unit kerja. Tujuan utamanya untuk menciptakan lingkungan tridharma yang harmonis dan berkelanjutan.

Ketua YPTA Surabaya, J Subekti SH MM mengatakan, Governansi YPTA atau Good YPTA Governance sangat penting diterapkan, yang dimulai dari memahami visi, misi, tujuan, nilai, dan budaya pada YPTA Surabaya.

“YPTA Surabaya memiliki nilai secara institusi dan memiliki budaya organisasi yang kita sebut PERTIWI (Patriotisme, Etika Profesi, Ramah Lingkungan, Toleransi dan Transparansi, Integritas, Wawasan Global, Inovatif). Kita tinggal di bumi Pertiwi, maka kita harus mengagungkan Pertiwi,” ujar Subekti saat membuka sosialisasi penerapan Good YPTA Governance yang digelar di Ruang Auditorium lantai 6 Gedung R Ing Soekonjono Untag Surabaya, Rabu (29/5/2024).

Baca Juga:  Untag Surabaya Tawarkan Beasiswa dan Program Bantuan Keuangan

Subekti menjelaskan, nilai dan budaya YPTA Surabaya akan konsisten diterapkan pada semua unit kerja guna mendukung penerapan Good YPTA Governance tersebut. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan tridharma yang harmonis dan berkelanjutan.

“Tekad kita adalah menjadikan lembaga ini sebagai institusi yang dihormati, bermartabat, dan unggul. Semoga dengan ini, kita semua bersatu dalam pandangan yang sama dan kebersamaan dalam mewujudkan tata kelola yang efektif dan membawa kemajuan bagi lembaga ini,” jelasnya.

Bendahara YPTA Surabaya, Dr Ontot Murwato Suwondo MM Ak CA CPA mengatakan, tata kelola yang baik menjadi kunci dalam mencapai keunggulan. Menurutnya, saat ini kita berada dalam suatu era yang ditandai dengan VUCA yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity.

“Hal ini dapat berdampak pada persaingan bisnis yang ketat, perubahan lingkungan yang sangat kompleks, serta masa depan yang penuh dengan ketidakpastian,” terangnya.

Baca Juga:  Tiga Mahasiswa Unusa Lolos MSIB dan Magang di Perusahaan Animasi Internasional
Baca Juga:  ITS Luncurkan Drone Pendeteksi Emisi Udara Pertama di Indonesia

Menurut Dr Ontot, Good YPTA Governance merujuk pada Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia (PUG-KI) 2021. Pilar Good Corporate Governance diterapkan dan didasarkan pada semangat nasionalisme dan patriotisme sebagai ciri khas YPTA Surabaya. Sehingga, terwujud Good YPTA Governance yang mencakup perilaku etis, transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan.

Sementara itu, Rektor Untag Surabaya, Prof Dr Mulyanto Nugroho MM CMA CPA mengatakan, Untag Surabaya telah menerapkan Good University Governance (GUG) sejak 2018. GUG dinilai sudah berjalan baik dengan diukur dari kinerja perguruan tinggi.

“Kinerja perguruan tinggi telah diuraikan ke dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) yang ditetapkan DIKTI (SN_DIKTI) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) ditetapkan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sosialisasi penerapan Good YPTA Governance yang digelar selama dua hari tersebut, dihadiri peserta yang terdiri dari seluruh pejabat struktural Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, SMA 17 Agustus 1945 (SMATAG) Surabaya, dan SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya di bawah naungan lingkungan YPTA Surabaya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *