Piala Surya Kabar 2024
MTsN 1 Trenggalek Juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Tulungagung, Menang Adu Tendangan Penalti di Final

TULUNGAGUNG, SURYAKABAR.com – Gelar juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Tulungagung kategori SMP/MTs terbang keluar Kabupaten Tulungagung. Ini menyusul keberhasilan MTsN 1 Trenggalek meraih juara, setelah di final menang adu tendangan penalti 3-2 (2-2) atas SMPN 3 Tulungagung di GOR Lembupeteng Tulungagung, Minggu (26/5/2024).

Pada laga final ini kedua tim sama-sama menyuguhkan permainan ofensif. Saling serang dengan sama-sama main terbuka, membuat pertandingan berlangsung ketat dan menarik.

Hingga waktu pertandingan normal berakhir, kedua tim sama-sama mencetak dua gol. Skor imbang 2-2 ini membuat pertandingan harus diakhiri dengan adu tendangan penalti untuk menentukan siapa yang berhak merebut juara.

Pada adu tendangan penalti, tiga penendang MTsN 1 Trenggalek semuanya berhasil mencetak gol, sementara dari tiga penendang penalti SMPN 3 Tulungagung yang berhasil mencetak gol dua pemain dan satu tendangan penalti lainnya berhasil ditepis kiper MTsN 1 Trenggalek.

Baca Juga:  SMPN 7 Blitar Juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Blitar

Pelatih MTsN 1 Trenggalek Alfian Nico mengatakan, gelar juara ini sebagai kado perpisahan bagi pemainnya yang semuanya merupakan kelas 9.

“Alhamdullilah merebut juara. Saya berterima kasih kepada anak-anak yang sudah berjuang, memang mental anak-anak selama ini sudah terbangun. Apalagi semua pemainnya kelas 9, kami memberi motivasi kepada mereka, ini sebagai pertandingan terakhir mereka di MTsN 1 Trenggalek dan kami harus dapat juara yang akhirnya kami dapat juara. Ini sebagai hadiah sebelum mereka lulus nanti,” ujar Alfian Nico.

MTs 1 Trenggalek sempat tertinggal 1-2 hingga beberapa menit menjelang laga usai. Dalam situasi kritsis tersebut, mental tanding pemain MTs 1 Trenggalek tidak goyah dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan 2-2, sehingga memaksa pertandingan dilanjutkan adu tendangan penalti.

Baca Juga:  Drawing Piala Surya Kabar 2024 Regional Tulungagung Kategori SMP/MTs dan SMA/SMK/MA

“Kami ketinggalan tetapi anak-anak tidak panik. Kami tetap main tenang, main dengan ciri khas kami membangun serangan dari bawah tidak langsung ke depan dan tetap hati-hati. Juga ada individu pemain kami yang cukup bagus yang menghasilkan gol terakhir untuk menyamakan kedudukan,” paparnya.

Disinggung lawan melakukan pressing atas, Alfian Nico mengantisipasi dengan meminta tim asuhannya agar tidak terlalu banyak membawa bola.

“Saya tekankan kepada¬†anak-anak agar tidak terlalu banyak membawa bola, tetapi lebih sering melakukan passing dan setelah passing anak-anak harus langsung gerak. Itu yang membuat kami bisa mengatasi pressing atas mereka,” jelasnya.

Baca Juga:  Ini Hasil Bigmatch SMAN 1 Wonoayu Kontra SMAN 3 Sidoarjo di Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo

Terkait sukses dalam adu tendangan penalti, tiga pemainnya semuanya berhasil mencetak gol, Alfian Nico mengaku belajar dari kegagalan turnamen di Blitar, tim asuhannya dua kali kalah dalam adu tendangan penalti.

“Kami berkaca dari pengalaman ikut turnamen di Blitar beberapa waktu lalu. Dua kali kami kalah yakni di semifinal kemudian di perebutan peringkat ketiga, karena kalah adu tendangan penalti. Dari kekalahan itu, anak-anak kemudian belajar dan ketika latihan kita tambah dengan latihan tendangan penalti. Alhamdullilah bisa menghasilkan juara di Piala Surya Kabar ini,” tandasnya.

Sementara itu bagi SMPN 3 Tulungagung, kekalahan itu membuat mereka finis sebagai runner up, sedang juara tiga bersama menjadi milik SMPN 1 Tulungagung dan MTs 3 Nganjuk.

Pada laga semifinal SMPN 1 Tulungagung menelan kekalahan 0-2 dari MTsN 1 Trenggalek sedang MTs 3 Nganjuk kalah 2-3 lewat adu tendangan penalti melawan SMPN 3 Tulungagung. Adu tendangan penalti dilakukan, menyusul hasil imbang 2-2 hingga waktu pertandingan normal berakhir.

Piala Surya Kabar 2024 Regional Tulungung kategori SMP/MTs diikuti 22 tim. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *