Haji 2024
Jemaah Calon Haji Gelombang Dua Diminta Pakai Baju Ihram dari Embarkasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya meminta para jemaah calon haji pada pemberangkatan gelombang dua untuk memakai baju ihram sejak di Embarkasi Surabaya. Hal itu untuk menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, kloter 47 dari Kabupaten Lumajang menjadi kloter pertama jemaah calon haji pada gelombang dua yang diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya menuju Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya.

“Para jemaah calon haji kloter 47 sudah memakai baju ihram ketika keluar kamar dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES). Mereka diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak keluar kamar di Embarkasi Surabaya, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” ujar Haris, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga:  Tim Mahasiswa ITS Surabaya Ciptakan Mecca Mate Bantu Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci

Haris menjelaskan, untuk pelaksanaan niat ihram, dapat dilakukan saat di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan ke Makkah.

Menurutnya, imbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada jemaah calon haji agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.

“Bila jemaah haji tidak memakai baju ihram dari Embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi penumpukan jemaah di bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Bentangkan Spanduk dan Bendera di Tanah Suci
Baca Juga:  PPIH Embarkasi Surabaya Catat Jemaah Calon Haji asal Pacitan Meninggal Dunia di Tanah Suci

Berbeda dengan gelombang pertama yang mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, para jemaah calon haji gelombang dua akan mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib.

Jemaah calon haji Indonesia gelombang kedua ini akan tinggal di Makkah hingga dengan pelaksanaan puncak haji yang akan dimulai dengan Wukuf di Arafah yang diperkirakan jatuh, Sabtu (15/6/2024). Selesai berhaji, mereka akan diberangkatkan menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain.

Pemberangkatan gelombang kedua akan mulai pada 23 Mei-10 Juni 2024. Jemaah calon haji akan terbang dari Embarkasi di Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *