Haji 2024
Embarkasi Surabaya Mulai Terapkan One Stop Service di Asrama Haji

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mulai menerapkan sistem One Stop Service atau pelayanan satu atap kepada para jemaah calon haji saat proses penerimaan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Pelayanan satu atap ini dilakukan agar semua proses pemeriksaan hingga penyerahan dokumen jemaah calon haji ini berjalan lebih cepat dan efisien.

PPIH Embarkasi Surabaya sudah berkoordinasi dengan UPT Asrama Haji, Kantor Imigrasi, Balai Besar Kekarantina Kesehatan, dan Maskapai Penerbangan.

Baca Juga:  PPIH Embarkasi Surabaya Temukan Tiga Magic Com dari Koper Jemaah Calon Haji

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris menjelaskan, one stop service ini mulai diterapkan pada kedatangan kloter 33 dan kloter 34 asal Kabupaten Probolinggo, serta kloter 35 gabungan dari Kabupaten Probolinggo dan Kota Surabaya hingga kloter terakhir di AHES.

Pelayanan satu atap ini meliputi pemeriksaan kesehatan jemaah, penyerahan surat panggilan masuk asrama (SPMA), dan bukti lunas biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) kepada petugas PPIH di AHES.

Baca Juga:  PPIH Embarkasi Surabaya Catat Delapan Jemaah Calon Haji Tunda Berangkat
Baca Juga:  Kisah Hardjo Mislan, Jemaah Calon Haji Tertua di Embarkasi Surabaya, Berusia 109 Tahun

“Kemudian, penyerahan kartu makan, penempatan kamar jemaah, penyerahan gelang identitas, paspor, visa, boarding pass, serta penyerahan living cost atau biaya hidup selama di Tanah Suci,” ujar Haris, Senin (20/5/2024).

Hingga kini, PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 32 kloter sebanyak 11.867 orang, terdiri atas 11.707 jemaah dan 160 petugas, atau sekitar 30 persen. Sementara, ada 13 orang tertunda keberangkatannya di AHES karena sakit. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *