Ribuan Mahasiswa Umsida dan Smamda Sidoarjo Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina, Mahasiswa Asal Palestina Ikut Orasi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Ribuan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo menggelar demo di halaman kampus 1 Umsida, Jalan Mojopahit, Selasa (7/5/2024). Mereka menyuarakan kemerdekaan Palestina yang telah lebih dari 100 tahun dijajah Israel.

Para mahasiswa Umsida berangkat dari kampus 2 di Desa Gelam, Kecamatan Candi dan kampus 3 di Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo sekitar pukul 09.00 WIB.

Begitu datang di kampus Umsida 1, mereka membentangkan aneka poster dukungan kepada Palestina dan kutukan kepada kekejaman Zionis Israel. Mereka juga serentak meneriakkan “Free Free Palestina”.

Baca Juga:  Bantuan Kemanusiaan Rp15 M dari Indonesia untuk Palestina Tiba di Mesir

Rektor Umsida, Dr Hidayatulloh mengatakan, aksi akbar hari ini serempak di seluruh Kampus Universitas Muhammadiyah di Indonesia yang merupakan solidaritas Bangsa Indonesia atas penderitaan yang dialami rakyat Palestina.

“Telah lebih seratus tahun bangsa Palestina dijajah Israel. Kini waktunya hari kemerdekaan untuk Palestina,” tuturnya.

Baca Juga:  Umsida Terjunkan Tim Trauma Healing bagi Penyintas Pasca Erupsi Gunung Semeru
Baca Juga:  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka Hari Ini di ITB

Ia prihatin, banyak di antara korban jiwa merupakan wanita dan anak-anak. Aksi kali ini juga diikuti mahasiswa Umsida asal Palestina, Mu’tasem Billah yang juga berorasi di atas panggung.

“Aksi ini akan kami sampaikan kepada keluarga dan negara kami, betapa dukungan kemerdekaan Palestina begitu luar biasa,” ucapnya.

Ia menyampaikan, betapa warga Palestina begitu menderita, karena tempat tinggal yang hancur, pangan yang sulit didapat. “Sudah tujuh bulan ini tidak ada listrik. Samasekali tidak ada penerangan,” imbuhnya.

Beberapa mahasiswi nampak menangis saat mendengarkan cerita Mu’tasem. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *