KAI Daop 8 Surabaya Operasikan 47 Kereta Api selama Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan 47 perjalanan kereta api (KA) selama libur panjang memperingati Kenaikan Isa Almasih mulai 9-12 Mei 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, sebanyak 47 perjalanan KA tersebut, terdiri atas 43 KA jarak jauh reguler, 3 KA jarak jauh tambahan, dan 1 KA lokal komersial tambahan.

“KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi KA dalam melakukan mobilisasi aktivitas selama libur panjang tersebut, dengan mengoperasikan 47 perjalanan KA dengan jumlah tempat duduk sebanyak 27.118 setiap hari,” ujar Luqman, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga:  Mahasiswa UM Surabaya Asal Palestina Baca Puisi saat Aksi Nasional Bela Palestina

Luqman menjelaskan, KA jarak jauh dan KA lokal komersial tambahan di Daop 8 Surabaya yang beroperasi pada 9-12 Mei 2024 tersebut, yakni KA Malioboro Ekspres tujuan Malang-Purwokerto, KA Malabar tujuan Malang-Bandung, KA Sancaka tujuan Surabaya Gubeng-Yogyakarta, dan KA Arjuno Ekspres tujuan Surabaya Gubeng-Malang PP.

“Transportasi kereta api memiliki beberapa keunggulan dibanding transportasi darat lainnya. Seperti faktor keselamatan pelanggan, keamanan, kenyamanan, ketepatan waktu, hingga mengurangi kemacetan dan potensi kecelakaan di jalan raya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Prince United Juara Piala AAFI Jatim U-13 2024
Baca Juga:  Angka Anak Tidak Sekolah Banyuwangi Salah Satu Terendah di Jatim

KAI Daop 8 Surabaya mencatat, jumlah penumpang yang berangkat dari tiga stasiun keberangkatan Daop 8 Surabaya pada 8-12 Mei 2024 sebanyak 59.324 penumpang. Namun, jumlah okupansi penumpang masih akan meningkat seiring penjualan tiket masih berlangsung.

“Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 17.122 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 16.591 pelanggan, dan Stasiun Malang sebanyak 12.383 pelanggan,” jelasnya.

KAI juga mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi KA agar segera memesan tiket KA, sehingga dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

“Namun, apabila KA dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengkombinasikan jadwal kereta api yang bersifat pesambungan,” pungkas Luqman. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *