Piala Asia U-23 2024
Shin Tae-yong Tetap Optimistis Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

SURYAKABAR.com – Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong tetap optimistis tim asuhannya lolos ke Olimpiade Paris 2024. Peluang ini masih dimiliki Indonesia yakni melawan Irak U-23 di laga perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam WIB.

Seandainya laga melawan Irak U-23, Indonesia U-23 kalah, masih ada peluang terakhir lolos ke Olimpiade Paris 2024 yakni di laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea, 9 Mei 2024.

Indonesia U-23 gagal melaju ke final Piala Asia U-23 2024, setelah di semifinal kalah 0-2 dari Uzbekistan U-23, Senin (29/4/2024) malam WIB. Dua gol kemenangan Uzbekistan U-23 dicetak Norchaev Khuisain menit 68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan menit 86.

Baca Juga:  UM Surabaya Tetap Siapkan Bonus untuk Kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho

Pada laga ini Kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho diganjar kartu merah menit 82, karena melakukan pelanggaran keras terhadap Jasurbek Jaloliddinov. Ridho absen di laga perebutan tempat ketiga melawan Irak U-23. Sementara Irak U-23 di semifinal menelan kekalahan 0-2 dari Jepang.

Menurut Shin Tae-yong, Indonesia sudah berusaha maksimal saat menghadapi Uzbekistan. Namun, dia mengakui di pertandingan kali ini Uzbekistan bermain lebih baik.

“Pertama-tama, saya apresiasi usaha yang bagus dari para pemain. Saya pikir Uzbekistan telah bermain dengan baik dan memberikan usaha yang bagus juga. Ada sesuatu hal yang membuat saya merasa sedikit malu, tapi saya tidak mau menyebutkannya,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Ribuan Warga Sidoarjo Penuhi Arena Nobar Semifinal Piala Asia U-23 2024 Timnas Indonesia U-23 Melawan Uzbekistan U-23 di Alun-alun Sidoarjo
Baca Juga:  Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal, Kalahkan Korsel U-23 Lewat Adu Tendangan Penalti, Kembali Ukir Sejarah di Piala Asia U-23 2024

“Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade, jadi kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade,” tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong menambahkan para pemainnya seperti kehilangan kepercayaan diri. Padahal, Garuda Muda di tiga laga sebelumnya tampil sangat impresif dengan mengalahkan tim-tim kuat seperti Australia (1-0), Yordania (4-1) dan Korea Selatan (2-2, 11-10 setelah adu penalti).

“Saya pikir sebelum memulai pertandingan, para pemain merasa gugup. Hal ini mempengaruhi tim kami sehingga tidak bisa bermain dengan baik. Normalnya, kami bisa bermain baik seperti di pertandingan sebelumnya,” tukas Shin Tae-yong. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *