Sekolah Diminta Dampingi Siswa Disabilitas Tingkatkan Prestasi hingga Tingkat Nasional

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Dinas Pendidikan Jawa Timur (Dindik Jatim) mendorong sekolah-sekolah di Jawa Timur melakukan pendampingan kepada para siswa disabilitas untuk meningkatkan prestasi hingga tingkat nasional.

Salah satunya, melalui gelaran Lomba Keterampilan Siswa bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKS PDBK) tingkat Provinsi, yang diikuti 253 siswa berkebutuhan khusus dengan mempertandingkan sembilan bidang lomba keterampilan. Yakni, Kreasi Barang Bekas, Membatik, Tata Busana, Hantaran, Tata Boga, Tata Rias Kecantikan, Kriya Kayu, serta Teknologi Informatika dan Komunikasi.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, mengapresiasi keterampilan luar biasa yang ditunjukkan masing-masing peserta disabilitas.

Menurut Aries, memiliki keterampilan tersebut membutuhkan proses yang panjang dalam mengasah untuk bisa menghasilkan karya yang bagus hingga menjadi prestasi yang membanggakan.

Baca Juga:  38 Peserta Spemma Overseas Ikuti Education Trip di Singapura dan Malaysia

“Saat kunjungan pada lomba fashion, rias, membuat hantaran dan cake yang dilakukan anak disabilitas patut diapresiasi. Ini menunjukkan, siswa kita mempunyai potensi luar biasa yang perlu terus ditingkatkan bersama dan diperhatikan. Agar tidak hanya menjadi bagian lomba saja. Tapi, kita harapkan hasil karya yang mereka wujudkan memberikan dampak pribadi ataupun keluarga untuk kepentingan komersial dan finansial mereka,” ujar Aries saat menutup gelaran LKS PDBK tingkat Provinsi, Minggu (28/4/2024) malam.

Menurut Aries, anak-anak istimewa membutuhkan perhatian serius dalam hal peningkatan potensi. Sehingga, bibit-bibit baru anak-anak disabilitas yang berprestasi akan tumbuh dan terus berkembang.

“LKS tingkat nasional sudah menanti. Dengan begitu, harus segera melakukan langkah konkret dengan dilatih, dibimbing dan diarahkan agar tidak berhenti di tingkat provinsi, namun nasional dan bisa menjadi kebanggaan Jawa Timur,” ungkapnya.

Baca Juga:  SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Nobar Timnas Indonesia U-23 Melawan Uzbekistan U-23 di Smamda, Polresta Sidoarjo Gelar Nobar di Alun-alun
Baca Juga:  Tim Mahasiswa ITS Bantu Penanganan Medis Berbasis Metaverse Lewat MediTwin

Aries mendorong siswa di Jawa Timur bisa merebut juara satu di tingkat nasional, setelah tahun lalu menempati peringkat dua nasional.

”Tentu tidak mudah mendapat hasil ini. Karena ada ikhtiar kuat dan keras untuk berada di posisi itu. Kepala sekolah punya peran penting menjaga prestasi anak-anak kita. Kita juga harus bahu membahu untuk memberikan dukungan di tingkat nasional,” tegas Pj Wali Kota Batu itu.

Aries juga berpesan agar Sekolah Luar Biasa (SLB) harus bisa mandiri dan menunjukkan dedikasinya. Jangan sampai ketergantungan dengan hal-hal yang merugikan sekolah, bahkan mematikan potensi sekolah.

“Di lain sisi, ada banyak potensi anak-anak berkebutuhan khusus yang menjadi fokus perhatian bersama untuk terus diasah dan membutuhkan dukungan agar terus berprestasi, berkarya, berdikari dan mandiri,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *