Unesa Gelar Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional 2024, Diikuti 54 Peserta

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Pelatihan Pelatih Fisik Level 1 Nasional, 26-28 April 2024. Pelatihan ini diselenggarakan Prodi D4 Kepelatihan Olahraga Vokasi Unesa bekerjasama dengan AtP-Pc (Athlete Peak Performance), sebuah komunitas pelatih fisik ternama di Surabaya.

Pelatihan diikuti 54 peserta. Tidak hanya pelatih saja yang ambil bagian, namun juga dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa, guru, dan wasit.

Dr. Tutur Jatmiko, S.Pd, M.Kes, Dosen Kepelatihan Olahraga Unesa yang juga menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan ini menjelaskan, tujuan utama dari pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi peserta sebagai pelatih fisik.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal, Kalahkan Korsel U-23 Lewat Adu Tendangan Penalti, Kembali Ukir Sejarah di Piala Asia U-23 2024

Sedangkan bagi mahasiswa Prodi D4 Kepelatihan Olahraga Vokasi Unesa, seperti disampaikan Kaprodi D4 Kepelatihan Olahraga, Dr. Kunjung Ashadi, S.Pd., M. Fis. AIFO, lisensi pelatih fisik level 1 nasional ini adalah sarat wajib lulus mahasiswa D4 kepelatihan olahraga.

“Kami berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi dan kualitas pelatih fisik, baik di lingkungan Unesa maupun di komunitas olahraga secara luas. Ini penting untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi tugas-tugas profesional di masa depan, baik di cabang olahraga maupun di pusat kebugaran,” ungkap Dr. Tutur Jatmiko, yang juga Konsultan Pelatih Fisik dan pemilik komunitas AtP-Pc, Jumat (26/4/2024).

Pelatihan ini juga merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dan melibatkan Lembaga Pendidikan Pelatih Olahraga LANKOR (LP2O LANKOR) sebagai lembaga sertifikasi untuk peserta yang lulus.

“Kami telah menggelar acara ini selama tiga tahun berturut-turut, dan setiap tahunnya kami melihat minat yang cukup tinggi, terutama dari peserta di luar lingkungan Unesa. Bahkan, pada tahun ini kami memiliki peserta dari Timika, Papua, dan Kalimantan,” tambahnya.

Baca Juga:  Prodi Vokasi Unesa Jadi Incaran Pendaftar Jalur SNBT 2024
Baca Juga:  Kisah Guru Alumni PCU Mengajar Anak-anak di Lombok, Papua hingga Surabaya

Sementara itu, Prof. Dr. Ria Lumintuarso,M.Si, pemateri utama dari LP2O LANKOR dan juga Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menekankan pentingnya peran pelatih fisik dalam mempersiapkan atlet di era saat ini.

“Pelatih memiliki peran kunci dalam meningkatkan kemampuan fisik atlet, yang pada akhirnya akan berdampak pada pencapaian prestasi yang lebih baik. Kondisi fisik yang optimal tidak hanya memengaruhi kinerja atlet dalam pertandingan, tetapi juga mempengaruhi aspek teknik, taktik, dan mental mereka,” papar Prof. Ria Lumintuarso.

Menurutnya, pelatihan fisik bukan hanya penting untuk meningkatkan performa atlet saat bertanding, tetapi juga untuk menjaga daya tahan, kekuatan, dan stamina mereka di luar lapangan.

Hal ini telah menjadi fokus utama bagi pelatih di berbagai cabang olahraga. Bahkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengakui pentingnya peran pelatih fisik dalam mencetak atlet yang tangguh.

Dengan demikian, pelatihan seperti ini menjadi sarana yang sangat berharga dalam mendukung kemajuan olahraga nasional, karena tidak hanya mencetak atlet yang tangguh secara teknis, tetapi juga secara fisik. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *