Siswa SD Musix Surabaya Bagikan Uang Saku Lebaran ke Warga Dhuafa

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Ratusan siswa SD Muhammadiyah 6 (Musix) Gadung Surabaya menggelar buka puasa bersama, sekaligus membagikan uang saku Lebaran kepada puluhan warga dhuafa di sekitar sekolah setempat. Mulai dari tukang becak, tukang tambal ban, tukang loper koran, pedagang kaki lima (PKL) hingga ojek online (ojol).

Ketua Pelaksana Kegiatan, M Nurun Naharo mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian program Ramadhan SD Musix Gadung Surabaya yang diikuti 149 siswa dari kelas 5 dan 6. Untuk pengumpulan baksos, pihak sekolah melibatkan siswa, wali murid, dan guru.

“Ini program bersama kami. SD Musix juga mempunyai Kaleng LazisMU yang diedarkan ke siswa selama satu bulan, lalu dikumpulkan ke sekolah lagi. Dan, hasilnya dibagikan ke fakir miskin. Sehingga, dananya berasal dari hasil Kaleng LazisMU dan edaran donasi yang dibagikan,” ujar Nurun, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga:  Untag Surabaya Berbagi Kasih dengan Anak Yatim pada Momen Ramadhan 2024
Baca Juga:  Personel Polsek Sidoarjo Kota bersama Bhayangkari Bagikan Takjil
Baca Juga:  Keseruan Berbelanja Kue dan Baju Lebaran di Eks Tol HK Jabon Sidoarjo

Dalam kesempatan ini, pihak sekolah juga memberi pembekalan kepada para siswa mengenai pentingnya pengetahuan masalah bullying atau perundungan di lingkungan sekolah serta bagaimana cara mengatasinya.

“Kita melihat di luar adanya kasus bullying. Kita antisipasi lebih awal agar anak-anak tidak hanya mengetahui saja, tetapi juga bisa menyelesaikan dan bisa memberikan solusi. Terutama solusi utama yang kita arahkan, yaitu pendekatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,” jelasnya.

Selama ini, pihak sekolah juga menerapkan imbauan untuk mencegah aksi bullying di sekitar sekolah. “Salah satunya adalah belajar diam di kelas. Kemudian, tangannya tidak ke sana ke mari. Itu minimal di kelas. Kemudian, pendampingan adik kelas menghormati dan kakak kelas menghormati adik kelas. Alhamdulillah di sekolah kami belum ada laporan kasus bullying ini,” ungkap Nurun.

Selain buka puasa bersama dan pemberian uang saku Lebaran bagi warga dhuafa di sekolah, siswa juga menyalurkan bantuan dan berbagi takjil gratis di beberapa lokasi. Seperti, di tepi Jembatan Wonokromo dan di kawasan Tenggilis Surabaya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *