KAI Daop 8 Surabaya Cek Kondisi Rel Kereta Api Jelang Mudik Lebaran 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya melakukan perawatan dan pengecekan kondisi rel KA. Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api (KA) selama masa angkutan Lebaran 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, perawatan dan pengecekan kondisi rel KA ini dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

“Perawatan jalur rel kereta api dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai standar pengoperasian jalan rel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan,” ujar Luqman, Jumat (22/3/2024).

Baca Juga:  Daop 8 Surabaya Siapkan 59 Lokomotif dan 341 Kereta Penumpang Hadapi Lebaran 2024

Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer dan melintasi 11 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di Utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan Selatan Stasiun Wlingi.

“Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI Daop 8 Surabaya memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, 4 UPT Jembatan, dan 1 UPT Mekanik, yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Daop 8 Surabaya,“ jelasnya.

Baca Juga:  Potensi Penumpang Musiman saat Mudik Lebaran, KAI Ingatkan Kembali Larangan Merokok di Kereta Api
Baca Juga:  BPJS Kesehatan Surabaya Tetap Buka Layanan JKN Selama Libur Lebaran 2024

Menurut Luqman, para petugas dari UPT Jalan Rel dan Jembatan tersebut akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast. Selain itu, para petugas akan meyakinkan sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

“Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api, serta memastikan jalur tersebut aman saat dilintasi KA,” pungkas Luqman. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *