Gempa, Warga Sidoarjo Berhamburan Keluar Rumah

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Gempa mengejutkan warga Jawa Timur, Jumat (22/3/2024). Gempa pertama terjadi pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 6,1 di timur laut Kabupaten Tuban.

Kemudian terjadi gempa susulan pukul 15.52 WIB. Menurut BMKG, gempa pada pukul 15.52 WIB ini berkekuatan 6,5 Magnitudo. Sumber gempa berasal dari 130 KM Timur Laut Kabupaten Tuban dengan episentrum 5.76 Lintang Selatan dan 112.33 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Di Sidoarjo, gempa dirasakan warga di berbagai tempat. Di pusat kota, karyawan BPR Delta Artha, Jalan Ahmad Yani nampak berhamburan keluar gedung.

Begitu juga di pusat perbelanjaan seperti Mal Ramayana dan Suncity di Jalan Pahlawan. Pengunjung terlihat berlari menyelamatkan diri keluar mal. Kondisi yang sama juga nampak di Lippo Plaza serta perkantoran.

Baca Juga:  PMI Banyuwangi Bedah Rumah Warga dengan Metode Rumah Tahan Gempa
Baca Juga:  Swiss Bellin Airport Juanda Sajikan 1001 Kuliner Ramadhan All You Can Eat
Baca Juga:  KAI Daop 8 Surabaya Cek Kondisi Rel Kereta Api Jelang Mudik Lebaran 2024

Suranto, warga Perumahan Tanggulangin Asri mengatakan, saat gempa dirinya berada di luar rumah. “Tadi saya bingung, kok sungai kecil depan rumah bergoyang. Saya kira ada ular atau ikan besar. Ternyata semua tetangga keluar rumah sambil teriak gempa,” ucapnya.

Dian Prita warga Perumahan Magersari Kota Sidoarjo juga merasakan ada gempa. “Saya lagi bersih-bersih kamar, kok lantai terasa bergoyang. Langsung saya keluar rumah. Pot bunga gantung di teras rumah pada bergoyang semua,” ujar Dian.

Di luar rumah, Dian masih merasakan beberapa getaran gempa, namun tidak sekeras sebelumnya. Beberapa tetangganya pun juga keluar rumah.

Tidak hanya di Sidoarjo dan Surabaya, gempa juga dirasakan hingga Trenggalek. Fathonah Sri Utami, warga Kelurahan Sumbergedong, Kecamatan Trenggalek lewat grup WA bercerita, gempa juga terasa meskipun tidak seberapa.

Menurut catatan BMKG, sebelumnya, gempa juga terjadi pada pukul 11.22 dengan pusat gempa di sumber yang sama. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *