Berita Sidoarjo
Polisi Gerebek Balap Liar di Arteri Baru Porong, 105 Remaja Diamankan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Personel Satlantas Polresta Sidoarjo menggerebek ajang balap liar di Jalan Arteri Baru Porong, Sabtu (16/3/2024). Sebanyak 105 remaja usia sekolah diamankan beserta motornya.

Wakasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistyono mengatakan, penindakan dimulai sekitar pukul 03.00 WIB. “Kita ketahui, Jalan Arteri Baru Porong ini seringkali digunakan remaja untuk balap liar. Mereka seolah-olah memakai jalan raya layaknya arena balap. Mereka ini seringkali menyetop kendaraan yang melintas secara mendadak untuk start balapan. Tentu ini sangat membahayakan,” tuturnya.

Sugeng menambahkan, Jalan Arteri Porong ini dikenal sebagai pusat balap liar. Bila lokasi ini ditindak, mereka beralih tempat ke Jalan Raya Jenggolo, Aloha hingga Albatros Juanda.

Baca Juga:  Gelar Operasi Keselamatan Semeru, Satlantas Polresta Sidoarjo Tindak Belasan Pengguna Knalpot Brong

Menurut mantan Kasat Samapta Polres Gresik ini, dari 105 motor yang diamankan tidak dilengkapi STNK serta sudah dimodifikasi seperti menggunakan knalpot brong.

“Setelah kami data, para remaja ini bukan saja berasal dari Sidoarjo, namun dari kota sekitar seperti Pasuruan, Malang hingga Mojokerto. Mereka mendapatkan undangan lewat grup media sosial,” terangnya.

Seratusan motor tersebut lalu dibawa ke Mapolresta Sidoarjo dan ditilang. Para remaja yang terjaring juga diberi pembinaan.

Baca Juga:  Satgas Pangan Satreskrim Polresta Sidoarjo Pantau Harga Beras di Pasar Larangan
Baca Juga:  Dinas Kesehatan Sidoarjo dan BBPOM Jatim Cek Kandungan Makanan dan Minuman Takjil

“Motor sementara kami sita dan bisa diambil setelah Lebaran nanti dan wajib mengembalikan motor sesuai spek standar,” jelasnya.

Bukan itu saja, nanti saat mengambil motor, para remaja itu harus didampingi kedua orang tua, kepala sekolah, kepala desa serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Ini merupakan cara kita agar mereka jera dan tidak mengulangi balap liar lagi,” imbuh Sugeng.

Menurut Sugeng, permasalahan remaja pelaku balap liar ini harus diselesaikan secara komprehensip bersama stakeholder terkait agar masalah ini benar-benar tuntas.

“Salah satunya dengan membangun sirkuit untuk menyalurkan bakat yang mereka punya,” tutup Sugeng. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *