Unesa Buka Prodi Baru S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi (Prodi) baru S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Prodi ini bisa dipilih di jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) atau Mandiri mulai Juni 2024 mendatang.

Dekan Fakultas Teknik Unesa, Dr Maspiyah MKes mengatakan, prodi ini memiliki visi menjadi prodi yang tangguh, adaptif, dan inovatif dalam keilmuan bidang PWK.

Sedangkan, misinya antara lain, menyelenggarakan pendidikan berkualitas di bidang PWK yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif.

Baca Juga:  Unesa Siapkan Beasiswa Kuliah Gratis bagi Pelajar Sekolah Indonesia di Arab Saudi

Kemudian, mengembangkan penelitian bidang PWK yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Selanjutnya, mengembangkan pengabdian dengan menyebarluaskan dan menerapkan keilmuan PWK bagi kesejahteraan masyarakat.

“Terakhir, meningkatkan kerja sama nasional dan internasional yang produktif bidang PWK untuk meningkatkan rekognisi kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi,” ujar Maspiyah, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga:  Pertamina Bersama Pemerintah Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran
Baca Juga:  Tiga Kereta Api dari Daop 8 Surabaya Batal Berangkat Dampak Banjir Semarang

Maspiyah menjelaskan, dengan visi dan misi tersebut, profil lulusan yang dihasilkan menguasai teori dan konsep yang menjadi dasar dalam keilmuan PWK.

“Kemudian menguasai pendekatan, metodologi, dan teknik analisis yang digunakan dalam PWK. Lalu, menguasai penggunaan aplikasi perangkat lunak sebagai alat bantu analisis dalam PWK,” jelasnya.

Menurut Maspiyah, lulusan prodi bermoto ‘Secure Nature for Sustainable Future’ ini dibutuhkan di dunia kerja dan industri.

Prospek kerjanya nanti bisa di instansi pemerintahan seperti Bappenas, Bappeda, BPN, PUPR, BIH, bisa juga menjadi pengajar atau dosen dan peneliti.

“Termasuk di sektor swasta, bisa jadi konsultan, developer, NGO, kontraktor, dan masih banyak lagi,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *