Menteri ATR/Kepala BPN AHY Kembali Lanjutkan Kuliah S3 di Unair

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kembali melanjutkan kuliah S3 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Tiba di Gedung Pascasarjana Kampus B Unair, Jumat (15/3/2024) sore, Menteri ATR/Kepala BPN AHY mengenakan almameter Unair dan disambut langsung Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, Direktur Sekolah Pascasarjana Unair Prof Badri Munir Sukoco, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang juga teman sekelasnya di perkuliahan.

Kepada puluhan awak media yang sudah menunggu di depan Gedung Putih Pascasarjana Unair itu, Putra mantan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengakui jika sebenarnya ia masih berstatus sebagai mahasiswa program Doktor (S3) di Unair.

Baca Juga:  Unesa Buka Prodi Baru S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

Studi yang dipilihnya fokus terhadap Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun, AHY menegaskan komitmennya untuk melanjutkan S3-nya di Unair. Dia berjanji akan intens kuliah lagi meski juga disibukkan dengan urusan Kementerian.

”Saya ini sebenarnya masih berstatus mahasiswa di sini (Unair). Saya sempat cuti karena sibuk dengan Pemilu 2024. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih intens lagi. Kemarin sempat cuti karena Pemilu, tapi sudah usai semua dan Insyaallah kini sebagai Menteri ATR/BPN saya ingin menuntaskan apa yang saya mulai sejak tahun 2021,” terang AHY yang baru saja dilantik sebagai Menteri ATR/Kepala BPN itu.

AHY yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat tersebut telah mengikuti perkuliahan sejak 2021 lalu di Unair. Pada 2023, Menteri AHY menjalani ujian proposal disertasi berjudul “Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” dan tengah menyusun disertasi tersebut hingga saat ini.

“Saya saat ini masih berstatus mahasiswa S3 yang tentunya ingin menuntaskan pendidikan di Unair dan yang saya ambil tentang SDM, saya masih menyelesaikan disertasi,” terangnya.

Baca Juga:  Kisah Dokter Bedah Syaraf FK Unair Jadi Survivor Kanker Jaringan Lunak
Baca Juga:  Dinas Kesehatan Sidoarjo dan BBPOM Jatim Cek Kandungan Makanan dan Minuman Takjil

AHY berharap bisa menuntaskan perkuliahannya dengan baik sekaligus ilmunya dapat berkontribusi untuk bangsa. “Karena yang saya geluti terkait human capital, Sumber Daya Manusia secara khusus saya mengangkat isu kepemimpinan reformasional bagaimana kita bisa mengorkestrasi SDM bangsa ini untuk bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

Menurut AHY, Indonesia Emas 2045 merupakan tema dan cita-cita besar dari Presiden Joko Widodo. “Unair merupakan kampus yang tepat, karena punya visi menjadi center for leadership, mudah-mudahan bisa terus mencetak kader pemimpin bangsa masa depan, termasuk pemimpin daerah yang diperlukan kepemimpinannya, manajemennya, juga mengorkrestasi SDM,” ujarnya.

Setelah bersedia memberikan pernyataan kepada awak media, Menteri AHY didampingi Rektor Unair, Direktur Sekolah Pascasarjana Unair, dan Wali Kota Surabaya langsung memasuki Gedung Pascasarjana Unair dan melakukan pertemuan tertutup. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *