UKWMS Kenalkan Prodi Informatika dan Program Khusus Culinary and Nutrition

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengenalkan dua Program Studi (Prodi) baru, yakni Prodi Informatika di bawah naungan Fakultas Teknik (FT), serta Program Khusus Culinary and Nutrition di bawah naungan Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP).

Ketua Umum Yayasan Widya Mandala Surabaya, Ignasius Jonan, dalam sambutan daringnya menyampaikan ucapan selamat atas dibukanya dua prodi tersebut.

Menurut Jonan, digitalisasi tidak mungkin dihindari, sehingga pembukaan program studi Informatika menjadi suatu keniscayaan. Teknologi pangan serta pengetahuan tentang nutrisi dan ilmu pangan juga sama niscayanya.

Jonan mengatakan, tujuan dari kedua program baru tersebut adalah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi peradaban manusia.

Baca Juga:  Pasutri di ITS Surabaya Dikukuhkan Bersama sebagai Profesor

“Catatannya, tentu jangan sampai meniadakan etika dan keluhuran peri kemanusiaan. Lalu, yang perlu dihindari adalah penggunaan informatika, juga rekayasa pangan untuk semata-mata komersial. Keduanya terutama perlu ditujukan untuk kesehatan dan perbaikan pola hidup manusia,” ujar Jonan, Sabtu (9/3/2024).

Kepala Pusat Data dan Informasi sekaligus dosen di Informatika UKWMS, Philipus Suryo Subandoro SKom MKom, menjelaskan, pembelajaran informatika UKWMS memiliki dua konsentrasi, yakni data science dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan software engineering.

“Kecerdasan buatan (AI) dibutuhkan untuk bisa mengambil serta mengolah data-data besar yang berkeliaran di internet. Dengan AI, data-data tersebut bisa dikumpulkan sesuai kebutuhan dan menghasilkan pengetahuan yang baru,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kisah Dokter Bedah Syaraf FK Unair Jadi Survivor Kanker Jaringan Lunak
Baca Juga:  20 Ruas Jalan di Sidoarjo Siap Dibeton Tahun Ini

Philipus menegaskan, software engineering mempelajari bagaimana cara kita membuat program yang sesuai proses bisnis perusahaan. Sehingga, dapat meningkatkan kualitas, efisiensi dan rescalable software pada perusahaan agar bisa sesuai perkembangan perusahaan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr Ignatius Srianta STP MP, mengatakan terkait keistimewaan Program Khusus Culinary and Nutrition di perkuliahan nanti, mahasiswa akan dibekali berbagai keterampilan khusus.

“Bahkan, mulai awal perkuliahan, mereka akan dijelaskan pada berbagai informasi seputar tren kuliner makanan global,” jelasnya.

Di sisi lain, demi menunjang kualitas perkuliahan, Program Culinary and Nutrition FTP UKWMS menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di tingkat nasional maupun internasional.

Salah satunya, dengan Departemen Culinary Arts dan Restaurant and Entrepreneurship Woosong University, Korea Selatan. Selain itu, juga banyak praktisi kuliner profesional, termasuk para chef yang akan mengajar langsung serta membagikan pengalamannya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *