Debindo Siap Gelar Empat Pameran pada 2024 untuk Bangkitkan Pariwisata Ekonomi Kreatif

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Debindo Mitra Tama (DMT) siap menggelar empat even pameran Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekfraf) sekaligus pada 2024 di Surabaya. Even pameran parekraf terbesar yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi Jawa Timur tersebut, rencanya digelar pada Mei, Oktober, dan November 2024 mendatang.

Direktur PT Debindo Mitra Tama, Dadang M Kushendarman, mengatakan empat even pameran parekraf sekaligus tersebut, yakni Batik Bordir dan Aksesoris Fair, Bursa Pariwisata, Jatim Fest, serta Batik Fashion Fair. Keempat even pameran tersebut semuanya akan digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan ekonomi di Jatim. Selain itu, di even ini, kita menampung peserta komunitas ekonomi kreatif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Dadang usai acara peluncuran di Surabaya, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga:  UMKM Pertamina Raih Transaksi Rp4,2 Miliar di Inacraft 2024, Lebihi Target

Pameran yang didukung Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, serta Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya.

“Terlebih sebagai tanda kebangkitan kriya, khususnya kepada para pengusaha serta perajin batik dan pelaku fesyen dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia,” terangnya.

Project Manager Batik Bordir Aksesoris Fair dan Batik Fashion Fair, Ayu Debindo, mengatakan selama pameran berlangsung akan digelar parade fashion yang menampilkan busana nusantara. Terutama motif batik dari berbagai provinsi di Indonesia. “Jadi, pengunjung juga akan bisa menikmati parade fesyen busana batik nusantara,” ungkapnya.

Baca Juga:  110.415 Tiket Kereta Api Lebaran 2024 di Daop 8 Surabaya Ludes Terjual
Baca Juga:  Kampung Jamur di Banyuwangi Produksi 15 Ton Jamur Sebulan, Libatkan Ratusan Warga, Omsetnya Capai Rp 360 Juta Sebulan

Ayu menjelaskan, para pelaku usaha juga akan diberikan materi workshop belanja live di medsos. Tak hanya pengarahan saja, namun juga akan dibimbing. “Targetnya selain bisa jualan, juga ada workshop gimana sih jualan secara live di media sosial. Kemudian, peragaan fesyen juga,” jelasnya.

Pada peluncuran empat even pameran parekfraf ini dihadiri OPD, BUMN/BUMD, instansi, maupun perusahaan dari berbagai bidang/sektor. “Diharapkan acara ini dapat menggema baik secara luring maupun daring, sehingga penyelenggaraannya juga dilakukan secara hybrid,” tegas Ayu.

Sesuai jadwal, Batik Bordir dan Aksesoris Fair akan digelar, 8-12 Mei 2024, Bursa Pariwisata 23-26 Mei 2024, Jatim Fest pada 2-6 Oktober 2024 dan masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur, serta Batik Fashion Fair akan hadir ke-8 kalinya pada 13-17 November 2024. Seluruh pameran akan digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *