Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Sidoarjo Tumbangkan Beberapa Pohon Besar, Sebabkan Kemacetan Panjang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik di Kabupaten Sidoarjo. Kondisi ini mengakibatkan lalu lintas macet.

Di Jalan Pahlawan, atau Timur exit tol Sidoarjo, sedikitnya lima pohon Sono berukuran besar tumbang. Lima pohon tersebut menutup jalur ke arah kota.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 15.15 WIB, Senin (26/2/2024). Pohon-pohon tersebut terlihat patah di bagian bawahnya, sebagian lagi tercerabut sampai ke akarnya.

Kasubnit I Turjawali Satlantas Polresta Sidoarjo, Iptu Yonandha Adi mengatakan, karena menutup semua lajur ke arah kota, kontraflow terpaksa dilakukan. “Lima pohon tersebut berukuran besar dan tinggi, semuanya menutup jalur ke arah Timur atau pusat kota,” tuturnya.

Baca Juga:  Hujan Deras Disertai Hujan Es Menimpa Beberapa Wilayah di Sidoarjo
Baca Juga:  Hujan Deras Tiga Desa di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo Kembali Dilanda Banjir
Baca Juga:  Hujan Deras Enam Ruang Kelas SMPN 2 Tanggulangin Sidoarjo Tergenang Air

Ia menambahkan, pohon tumbang tidak hanya terjadi di Jalan Pahlawan, sisi Selatan Rumah Sakit Delta Surya saja, namun juga di Jalan Cemengkalang sehingga arus lalu-lintas yang ke arah Timur dan Barat berhenti total. “Akibat kondisi ini, kemacetan di jalan tol mencapai sekitar enam kilometer,” terangnya.

Untuk segera menyingkirkan pohon yang tumbang, polisi berkoordinasi dengan DLHK dan BPBD Sidoarjo. Dengan gergaji mesin, beberapa karyawan DLHK, BPBD, polisi serta warga, memotong batang pohon yang melintang di jalan protokol ini dan membawanya ke tepi.

“Lalu lintas sempat tertutup sekitar satu jam setengah,” imbuhnya.

Selain di Jalan Pahlawan dan Cemengkalan, pohon tumbang juga terjadi di Jalan Ponti, Lingkar Barat.

Hujan deras disertai angin kencang tidak hanya merobohkan beberapa pohon besar. Di kompleks kantor Pemkab Sidoarjo, angin kencang merobohkan kanopi dan menimpa enam mobil dinas yang terparkir di bawahnya. Semua mobil tersebut rusak di bagian kap mesin. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *