DLHK Kabupaten Sidoarjo akan Bereskan Gunungan Sampah di Terminal Bungurasih yang Viral

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Problem sampah seringkali menjadi masalah serius di perkotaan. Begitu juga yang terjadi di Terminal Purabaya, Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Sejak sebulan lalu, sampah setinggi sekitar dua meter dengan panjang sekitar 30 meter di TPS 3R sisi Utara parkir bus terlihat menggunung dan sangat bau.

Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu masyarakat yang beraktifitas di sana, khususnya para calon penumpang. Gunungan sampah ini sempat diupload warga dan viral di media sosial.

Baca Juga:  Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Murid SD Pembangunan Jaya Bikin Kreasi Daur Ulang

Kepala UPT TPA Griya Mulya DLHK Sidoarjo, Hajid Arif Hidayat mengatakan, problem sampah di Terminal Bungurasih ini terjadi sejak tiga bulan lalu seiring transisi pengelolaan terminal dan transisi di TPS 3R di kompleks Terminal Bungurasih.

“Pengelola tidak hanya menangani sampah dari area terminal Bungurasih saja, namun juga dari sekitar tiga ribu kepala keluarga warga di Desa Bungurasih. Nah mungkin ada ketidaksamaan pemikiran antara pengelola terminal dengan pihak desa, baik teknis, manajemen hingga pembiayaan,” tutur Hajid, Jumat (23/2/2024).

Menurutnya, sejatinya ada mesin pengolahan sampah di TPST 3R ini namun saat ini tidak bisa berjalan. “Kalau mesin itu beroperasi, sangat membantu pengurangan sampah di sini dan mengurangi beban TPA,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati Sidoarjo Instruksikan Kerja Bakti Massal Bersihkan Gorong-gorong Saluran Air
Baca Juga:  Banyuwangi Mulai Implementasikan Masterplan Pengelolaan Sampah Terintegrasi ke Penjuru Desa

Saat ini, DLHK rutin mengangkut sampah-sampah tersebut ke TPA Jabon dengan menggunakan satu truk dengan kapasitas 5 ton sampah, namun hal itu tidak sebanding dengan sampah yang masuk sekitar 25 gerobak setiap hari. “Masalah ini merupakan tugas pengelola sampah di kawasan,” tegasnya.

DLHK Kabupaten Sidoarjo akan membereskan gunungan sampah tersebut, minggu depan dengan menggunakan alat berat dan 50 armada truk yang membawa sampah ke TPA Jabon.

“Kami berharap setelah semua sampah kita angkut, ke depan tidak ada lagi permasalahan yang sama di lokasi ini,” tutupnya.

Didik Wahyudi, warga setempat mengaku sangat terganggu dengan gunungan sampah ini. “Apalagi saat banjir kemarin, sampah ini meluber ke mana-mana. Saya harap masalah ini segera bisa diberesi,” kata dia. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *