Hujan Deras Tiga Desa di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo Kembali Dilanda Banjir

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Sidoarjo beberapa hari terakhir, membuat beberapa wilayah banjir.

Selain di Kecamatan Waru, banjir juga melanda tiga desa langganan banjir di Kecamatan Tanggulangin. Tiga desa itu meliputi Desa Kedungbanteng, Banjarasri dan Banjarpanji.

Slamet, warga Kedungbanteng RT 05 RW II mengatakan, desanya sudah biasa banjir setiap musim penghujan tiba. “Namun kali ini paling parah. Belum pernah setinggi ini,” ucapnya, Minggu (18/2/2024) pagi.

Baca Juga:  Plh Gubernur Jatim Pantau Penyebab Banjir di Waru Sidoarjo

Ia menambahkan, banjir mulai terasa pada malam Pemilu atau Selasa (13/2/2024) malam. “Semakin hari semakin tinggi, karena setiap sore hujan. Puncaknya pada Jumat malam. Hujan sangat deras dan lama,” jelasnya.

Slamet yang sebelumnya telah meninggikan rumahnya 0,5 meter hanya bisa pasrah. “Tinggi air sekitar lima sentimeter di dalam rumah,” keluhnya.

Tidak hanya melanda permukiman warga, banjir juga menimpa SDN Banjarasri dan SMPN 2 Tanggulangin.

Baca Juga:  Korban Dampak Banjir Kalibaru Banyuwangi segera Dapat Hunian Baru, Pembangunan Mulai Dilakukan
Baca Juga:  Hari Kedua Banjir di Kawasan Bungurasih Makin Meluas, Warga Tangkap Ular Sanca Panjang Sekitar 4 Meter

Kepala Desa Kedungbanteng, Budiono membenarkan banjir kali ini yang terparah. Jalan depan balai desa yang tidak pernah tersentuh banjir, kini terdampak.

“Air seperti memutar. Ke timur, ke utara, ke barat. Lalu ke sini lagi. Kondisi ini ditambah dengan air rob laut,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pada Sabtu dan Minggu malam, beberapa warga terpaksa mengungsi di balai desa karena rumahnya terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *