Logistik Pemilu di Wilayah Terpencil Sidoarjo Dikirim Menggunakan Perahu

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Logistik Pemilu di wilayah terpencil di Kabupaten Sidoarjo dikirim menggunakan perahu. Penggunaan transportasi air ini digunakan untuk mempersingkat waktu tempuh.

Tiga wilayah tersebut meliputi, Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Dusun Kalikajang dan Dusun Pucuan, Kelurahan Gebang, Kecamatan Kota.

Untuk Dusun Kepetingan, logistik diberangkatkan dari Dermaga Desa Bluru Kidul, Selasa (13/2/2024) pukul 11.15 WIB. Pengiriman logistik ini dikawal anggota polisi dan TNI.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Sawohan, Oky Ardiyansyah mengatakan, pengiriman lewat jalur air dipilih jalan darat tidak memungkinkan.

Baca Juga:  1.050 Personel Polresta Sidoarjo Berangkat Amankan TPS Pemilu 2024
Baca Juga:  Bupati Ipuk Ajak Warga Banyuwangi Salurkan Hak Pilih di TPS, Jangan Golput
Baca Juga:  Jadwal Lengkap 16 Besar Liga Champions

“Perjalanan perahu kurang lebih satu jam, sedangkan jalan darat di area tambak sangat berisiko setelah diguyur hujan kemarin sore. Kami tidak mau mengambil risiko itu,” tuturnya, Selasa (13/2/2024).

Ia merinci, kotak suara yang dikirim berjumlah 5 buah sesuai jumlah pemilihan yang dilakukan. “Untuk DPT, ada 122 pria dan 124 wanita. Jadi totalnya 246,” terangnya.

Di Desa Sawohan sendiri, imbuh Oky, ada 8 TPS sudah termasuk 1 TPS di Dusun Kepetingan. “Di Dusun Kepetingan, sebanyak 7 orang KPPS, 2 orang linmas serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas diterjunkan mengawal pemilu di sana,” jelasnya.

Oky melanjutkan, usai pemungutan dan perhitungan suara, logistik langsung dibawa kembali ke Balai Desa Sawohan. Untuk Dusun Kalikajang dan Pucuan, pengiriman logistik dilakukan sore hari. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *