Memasuki Masa Tenang Bawaslu Sidoarjo Bersihkan Alat Peraga Kampanye

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Memasuki masa tenang pemilihan umum 2024 pada 14 Februari nanti, seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo dicopot.

Penertiban ini digelar Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Satpol PP Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Sidoarjo, Agung Nugraha mengatakan, pihaknya akan membersihkan seluruh APK. “Baliho, spanduk maupun bahan kampanye seperti stiker di sekitar TPS harus tidak ada,” terangnya usai Apel Siaga Pengawasan Tahapan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024, di Mal Pelayanan Publik, Jalan Veteran, Lingkar Timur, Minggu (11/2/2024) pagi.

Agung menekankan juga, agar para pengawas pemilu saat proses pungut hitung nanti, beberapa dokumen-dokumen utama seperti berita acara pembukaan kotak suara, formulir C daftar hadir, C hadir dan C plano terdokumentasi dengan baik.

“Dokumen tersebut sangat penting, maka itu harus terecord dengan benar,” tegasnya.

Agung menyebut, ada poin mahkota dalam proses pungut hitung yaitu formulir C kejadian khusus.

Dalam pemungutan suara, tambahnya, yang namanya pergeseran, penambahan surat suara tidak tertutup kemungkinan selalu ada.

“Ketika ada penambahan surat suara di TPS, maka pastikan itu dituangkan dalam C kejadian khusus. Begitu juga dalam pencoretan saat perhitungan suara, karena beberapa kesalahan, pastikan dalam C kejadian khusus,” jelasnya.

Agung melanjutkan, apabila formulir C kejadian khusus terisi sempurna maka anggapan keberpihakan penyelenggara pemilu akan tertepis.

“Kami pastikan di sini netralitas terjaga khususnya di jajaran pengawas yang berkonsolidasi dengan rekan teknis di TPS,” ucapnya.

Agung mengakui, Pemilu kali ini adalah Pemilu berat dan besar, karena yang harus dikelola adalah lima kotak suara sehingga membutuhkan effort lebih. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *