Piala Asia 2023
Ini Daftar Top Skor Piala Asia 2023, Akram Afif Top Skor Cetak Delapan Gol, Empat dari Penalti

SURYAKABAR.com – Striker timnas Qatar Akram Afif merebut gelar individu di Piala Asia 2023 sebagai top skor, setelah mencetak 8 gol dari tujuh laga yang dijalani di Piala Asia 2023.

Pemain kelahiran Doha, Qatar, 11 Maret 1996 (27 tahun) itu unggul dua gol dari bomber Irak Aymen Hussein yang berada di posisi kedua dengan mengoleksi enam gol.

Dari delapan gol tersebut, empat gol di antaranya dicetak Afif dari eksekusi tendangan penalti. Satu gol penalti dicetak Afif ke gawang Palestina di babak 16 Besar saat Qatar menang 2-1. Tiga gol penalti Afif lainnya tercipta di laga final melawan Jordania yang berakhir dengan skor 3-1.

Afif memiliki kontribusi besar membawa Qatar mempertahankan juara Piala Asia 2023, setelah di final menang 3-1 atas Jordania.

Baca Juga:  Hattrick Penalti Akram Afif Bawa Qatar Juara Piala Asia 2023, Kalahkan Jordania di Final
Baca Juga:  Qatar Lolos ke Final Piala Asia 2023 hadapi Jordania, di Semifinal Qatar Kalahkan Iran, Jordania Singkirkan Korea Selatan
Baca Juga:  Timnas U-20 Indonesia Akhiri Pemusatan Latihan di Jakarta, Maret Kembali Jalani TC, Uji Coba sudah Disiapkan

Empat gol sisanya dicetak Afif dari permainan. Dua gol bersarang ke gawang Lebanon di babak penyisihan Grup A, saat Qatar menang 3-0, satu gol ke gawang Tajikistan juga di babak penyisihan Grup A saat Qatar menang 1-0 dan satu gol lagi dicetak Afif pada laga semifinal melawan Iran yang berakhir dengan skor 3-2.

Sementara stiker Irak Aymen Hussein meski timnya hanya lolos hingga 16 Besar, namun Aymen berhasil mencetak enam gol.

Bahkan dari empat kali penampilannya di Piala Asia 2023, Aymen terus mencetak gol di setiap pertandingan. Di babak penyisihan Grup D, Aymen mencetak satu gol ke gawang Indonesia, masing-masing dua gol ke gawang Jepang dan Vietnam. Sementara di babak 16 Besar Aymen mencetak satu gol ke gawang Jordania. (es) 

DAFTAR PENCETAK GOL
8 GOL – Akram Afif (Qatar)
6 GOL – Aymen Hussein (Irak)
4 GOL – Ayase Ueda (Jepang), Yazan Al-Naimat (Jordania)
3 GOL- Mehdi Taremi (Iran), Musa Al-Taamari, Oday Dabbagh (Jordania), Hassan Al-Haydos (Qatar), Lee Kang-in, Son Heung-min (Korea Selatan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *