Piala Asia 2023
Qatar Lolos ke Final Piala Asia 2023 hadapi Jordania, di Semifinal Qatar Kalahkan Iran, Jordania Singkirkan Korea Selatan

SURYAKABAR.com – Timnas Qatar berpeluang mempertahankan gelar juara Piala Asia. Ini menyusul keberhasilan Qatar lolos ke final Piala Asia 2023, setelah di laga semifinal menang 3-2 atas Iran di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Rabu (7/2/2024) malam WIB.

Di final, Sabtu (10/2/204) Qatar akan menghadapi Jordania yang lolos ke final lebih dulu, setelah mengalahkan Korea Selatan 2-0.

Qatar sempat dikejutkan gol cepat Iran saat laga baru berjalan empat menit. Tendangan akrobatik salto Sardar Azmoun dalam posisi membelakangi gawang menjebol gawang Qatar yang dikawal Meshaal Barsham.

Gempuran Qatar yang mengandalkan Akram Afif di lini depan berhasil menyamakan kedudukan 1-1 menit 17. Gol ini berawal dari umpan tarik Afif dari dalam kotak penalti.

Baca Juga:  Ini Jadwal Semifinal Piala Asia 2023, Juara Bertahan Qatar Lolos, Jepang Susul Australia Tersingkir

Berada dalam posisi di sudut sempit, Afif melepas umpan tarik ke luar kotak penalti. Tanpa membuang peluang, Jassem Gaber melepas tendangan keras. Bola mengenai kaki pemain Iran dan berbelok arah. Gol. Skor imbang 1-1.

Lewat serangan balik cepat Qatar nyaris membalikkan kedudukan menit 31. Afif mendapat bola di lingkaran tengah. Pemain kelahiran 18 November 1996 (27 tahun) itu mendribel bola hingga masuk kotak penalti.

Tendangan Afif berhasil dibendung kiper Iran Alireza Beiranvand. Bola mantul dan ditendang Afif, namun bola melambung.

Afif akhirnya berhasil menjebol gawang Iran menit 43 untuk membalikkan keadaan Qatar unggul 2-1. Gol kelima Afif di Piala Asia 2023 ini cukup indah. Setelah melewati dua pemain Iran dan dikepung empat pemain Iran, Afif melepas tendangan ke tiang dua gagal dijangkau kiper Beiranvand.

Dengan tambahan satu gol itu, Afif kini tertinggal satu gol dari top skor sementara pemain Irak Aymen Hussein yang mencetak enam gol. Satu dari enam gol Aymen ini bersarang ke gawang Indonesia di matchday pertama penyisihan Grup D.

Baca Juga:  Qatar Tim Pertama Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, setelah Kalahkan Tajikistan, Ini Update Klasemen dan Hasil Pertandingan
Baca Juga:  Persibo Bojonegoro Juara Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur 2023/2024

Di babak kedua, Iran lebih banyak mengendalikan permainan. Serangan bergelombang Iran berhasil menyamakan kedudukan 2-2 menit 51.

Gol penyama Iran ini lahir dari tendangan penalti kapten tim Alireza Jahanbakhsh, setelah Ahmed Fathi handsball di dalam kotak penalti.

Lebih banyak ditekan dan mengandalkan serangan balik, Qatar mencetak gol penentu kemenangan menit 82 lewat Almoez Ali.

Berupaya menyamakan kedudukan, Iran justru kehilangan satu pemain, setelah Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah langsung menit 90+3 usai melakukan pelanggaran keras kepada Afif.

Bermain dengan 10 pemain, Iran terus mengancam gawang Qatar di sisa tambahan waktu yang berlangsung 13 menit.

Bahkan, Jahanbakhsh nyaris mencetak gol menit 90+13. Tendangan menyusur rumput dari Jahanbakhsh mengenai tiang dan bola kembali bergulir ke lapangan permainan.

Hingga tambahan waktu berakhir, Iran gagal menyamakan kedudukan. Iran tercatat sudah tiga kali merebut juara yakni pada 1968, 1972 dan 1976. (es)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *