IMM Jatim Gelar Sedekah Oksigen Lewat Jambore Lingkungan 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Timur (IMM Jatim) menggelar Jambore Lingkungan 2024.

Selain diskusi membahas isu-isu lingkungan, peserta juga diajak menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman pohon sebagai bentuk sedekah oksigen terhadap alam.

Ketua Umum DPD IMM Jatim, Firdaus Su’udi, mengatakan Jambore Lingkungan 2024 yang mengangkat tema “Harmoni Alam, Menuju Kehidupan Berkelanjutan” ini diikuti 40 peserta dari perwakilan seluruh cabang di Jawa Timur.

Jambore digelar di Kalisawah Adventure Banyuwangi selama tiga hari dengan melibatkan sejumlah praktisi yang memiliki kapasitas dalam isu-isu lingkungan.

Baca Juga:  IMM Sidoarjo Gelar Aksi Peringati 15 Tahun Semburan Lumpur Sidoarjo

“Agenda Jambore Lingkungan 2024 ini sengaja kami gelar pada 2-4 Februari 2024 dan mengundang sejumlah praktisi untuk bersama-sama membahas isu lingkungan. Agenda ini juga sebagai bentuk ikhtiar dalam melestarikan lingkungan,” ujar Firdaus melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu (4/2/2024).

Kegiatan ini diisi sharing session mengenai isu persoalan iklim dan lingkungan. “Pada hari terakhir atau Minggu, 4 Februari 2024 kegiatan ditutup dengan penanaman pohon oleh seluruh peserta Jambore sebagai bentuk sedekah oksigen terhadap alam,” ungkapnya.

Baca Juga:  PT KAI Daop 8 Surabaya Tanam Belasan Ribu Pohon pada Peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon Sedunia
Baca Juga:  Program BRI Menanam Targetkan Tanam 1,75 Juta Bibit Pohon Produktif hingga 2023 untuk Pengurangan Emisi Karbon

Firdaus menjelaskan, krisis iklim menjadi persoalan serius saat ini. Sehingga, upaya mengatasi krisis iklim harus dimulai dengan mengedepankan etika lingkungan, yaitu adanya keseimbangan antara manusia dan alam.

“Menanam pohon adalah amal kebaikan yang akan terus bisa dirasakan manfaatnya oleh generasi kita selanjutnya. Melalui kegiatan menanam pohon, kita memberi seribu manfaat kepada makhluk hidup, termasuk manusia, yakni oksigen,” jelasnya.

Menurut Firdaus, menanam pohon merupakan salah satu ikhtiar IMM Jatim dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Kenapa kami memilih pohon karena pohon merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjamin masa depan cerah bagi seisi bumi,” pungkas Firdaus. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *