Ini Delapan Tim Liga 2 2023/2024 yang Degradasi ke Liga 3, Persipura Aman, Persiba Balikpapan Degradasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Delapan tim Liga 2 musim 2023/2024 terdegradasi ke Liga 3 musim depan. Di antara delapan tim Liga 2 yang terdegradasi itu terdapat mantan tim Liga 1 Persiba Balikpapan. 

Tujuh tim lainnya yakni Perserang Serang, Sada Sumut FC, PSDS Deli Serdang, Persikab Kabupaten Bandung, Sulut United, Persekat Tegal dan Kalteng Putra.

Persipura Jayapura lolos dari jerat degradasi, setelah merebut juara Grup D babak play off degradasi mengumpulkan 11 poin, hasil tiga kali menang, dua kali seri dan satu kali kalah.

Pada laga terakhir, Persipura menang 1-0 atas PSCS Cilacap. Gol kemenangan Persipura dicetak Celestine menit 65.

Baca Juga:  Ini Tim Lolos Semifinal Liga 2 2023/2024, Hasil Lengkap dan Klasemen Akhir 12 Besar

Berbeda dengan Persipura yang berhasil bertahan di Liga 2, nasib Persiba yang juga pernah malang melintang di kasta tertinggi sepak bola Indonesia posisinya tidak tertolong di Liga 2.

Persiba terdegradasi, karena menempati posisi juru kunci Grup C mengumpulkan tiga poin. Enam kali bertanding, Persiba hanya memetik satu kemenangan dan lima laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Tim berjuluk Beruang Madu ini harus kembali berjuang dari bawah jika ingin kembali ke Liga 2 kemudian ke Liga 1.

Babak play off degradasi Liga 2 melibatkan 16 tim. Mereka dibagi empat grup, masing-masing grup dihuni empat tim menggunakan sistem pertandingan kompetisi penuh yakni masing-masing tim bertemu dua kali.

Dua tim terbawah masing-masing grup degradasi ke Liga 3, sedang dua tim teratas di masing-masing grup bertahan di Liga 2.

Baca Juga:  Ini Jadwal Semifinal Piala Asia 2023, Juara Bertahan Qatar Lolos, Jepang Susul Australia Tersingkir
Baca Juga:  Jadwal Semifinal Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim 2023/2024

Tim yang bertahan di Liga 2 dari jalur babak play off degradasi yakni Sriwijaya FC, PSKC Cimahi, Nusantara United FC, PSPS Riau, Persijap Jepara, Persipa Pati, Persipura dan PSCS Cilacap.

Mereka bergabung dengan tim yang bertahan dari babak 12 Besar yakni PSIM Yogyakarta, PSMS Medan, Deltras FC Sidoarjo, Persela Lamongan, Bekasi City serta satu tim dari Semen Padang, Malut United, PSBS Biak atau Persiraja Banda Aceh.

Empat tim terakhir tersebut yakni Semen Padang, Malut United, PSBS Biak dan Persiraja akan berebut tiga tiket promosi ke Liga 1. Satu tim yang gagal akan bertahan di Liga 2. Tiga tim Liga 2 yang promosi ke Liga 1 akan menggantikan tiga tim Liga 1 yang degradasi ke Liga 2. (es)  

TIM LIGA 2 YANG DEGRADASI
1. Perserang Serang
2. Sada Sumut FC
3. PSDS Deli Serdang
4. Persikab Kab Bandung
5. Sulut United
6. Persiba Balikpapan
7. Persekat Tegal
8. Kalteng Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *