Mahasiswa Telkom University Surabaya Rancang Gerak Robot Humanoid

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Telkom University (Tel-U) Surabaya mengembangkan kreasi gerak robot humanoid melalui aplikasi.

Dalam pengembangan ini, mahasiswa menggunakan robot humanoid yang didatangkan dari Tiongkok. Lebih 10 gerakan bisa ditampilkan robot humanoid ini.

Mahasiswa perancang aplikasi gerak robot humanoid, Muhammad Ardiansyah Alfais, mengatakan robot humanoid produksi Ubtech bernama Alpha 1E ini bisa diperintah melalui aplikasi pada android Bluetooth. Gerak robot ini dikreasikan dapat melakukan banyak gerakan koreo.

Baca Juga:  Robot Unesa Sempat Jatuh dan Rusak, Akhirnya Juara 2 KRTI Nasional 2023

“Mulai dari berjalan biasa, berjalan ala model di catwalk, berjoget, menendang, push up, hingga berdiri dengan satu kaki,” ujar Ardian di Surabaya, Selasa (30/1/2024).

Ardian menjelaskan, untuk membuat sendiri gerak robot sesuai yang diinginkan, ia menggunakan coding di dalam aplikasi Alpha 1E, yakni coding dengan drag and drop dalam dunia robotic.

“Sehingga, gerakan yang dihasilkan juga sesuai yang diinginkan,” jelas mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Fakultas Teknik Elektro Telkom University Surabaya itu.

Baca Juga:  Barunastra ITS Siap Pertahankan Juara Dunia IRC 2024 di Amerika Serikat
Baca Juga:  Telkom University Surabaya Hadirkan Pendidikan Berkualitas dan Merata di Indonesia

Dosen Pembimbing, Hendi Prihantoro, mengatakan untuk sementara, pengembangan yang dilakukan mahasiswa ini baru dilakukan dalam tahap membuat kreasi gerak pada robot contoh.

“Namun, ke depan mahasiswa akan membuat karya sendiri berupa perangkat lunak maupun perangkat keras menjadi sebuah robot humanoid buatan dalam negeri,” ungkapnya.

Rencananya, tidak hanya membuat kreasi gerak, dari robot contoh yang didatangkan, mahasiswa akan membuat sendiri perangkat keras dan perangkat lunak robot humanoid yang bertujuan dapat dimanfaatkan membantu kerja manusia, seperti membawa barang. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *