Piala Asia 2023
Timnas Indonesia Kalah dari Australia, Shin Tae-yong Beri Apresiasi untuk Skuad Garuda

SURYAKABAR.com – Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 terhenti. Ini setelah pada laga 16 Besar, Timnas Indonesia menelan kekalahan 0-4 dari Australia di Jassim bin Hamad, Stadium, Al Rayyan, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Gol pembuka kemenangan Australia lahir akibat gol bunuh diri pemain belakang Indonesia Elkan Baggott menit 12. Menjelang babak pertama berakhir Martin Boyle menggandakan keunggulan Australia menit 45.

Dua gol tambahan Australia tercipta menjelang laga usai. Craig Goodwin mencetak gol ketiga Australia menit 89 dan sundulan Harry Souttar menit 90+1 memastikan kemenangan Australia 4-0.

Baca Juga:  Ini Jadwal 16 Besar Piala Asia 2023, Ada Bigmatch Dua Tim Juara

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai anak-anak asuhnya sudah berjuang maksimal dan luar biasa. Dia meyakini jika tidak ada gol bunuh diri, hasil akan berbeda.

“Ada unsur unlucky goal dari pemain kami. Mungkin jika itu tidak terjadi maka permainan kami akan berbeda. Tapi saya berterima kasih pada pemain saya, lega dengan penampilan mereka hari ini. Saya harap tim akan lebih baik dan selalu berkembang di kesempatan selanjutnya,” kata Shin Tae-yong seusai laga dilansir laman PSSI.

Baca Juga:  Update Hasil Pertandingan Pekan Kelima Grup Y 12 Besar Liga 2 2023/2024, Deltras Puncaki Klasemen, Selangkah Lagi ke Semifinal, Ini Posisi Persela
Baca Juga:  Update Hasil Pertandingan Pekan Kelima Grup Z Liga 2 2023/2024, Gresik United Imbang Lawan PSBS, PSBS Juara Grup, Gresik United Berjuang Rebut Runner Up Terbaik

Secara permainan timnas Indonesia tidak kalah dari Australia. Skuad Garuda justru unggul penguasaan bola terutama di babak pertama. Meski sudah berjuang keras, Indonesia akhirnya harus kalah.

Bagi Indonesia meski tersingkir, lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 merupakan sejarah. Ini merupakan kali pertama dari lima kali tampil di putaran final Piala Asia, Indonesia mampu menembus fase knock out.

Terakhir kali Indonesia lolos ke Piala Asia pada 2007. Tiga edisi sebelumnya Indonesia pernah lolos pada 1996, 2000 dan 2004. (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *