SGN Peduli Disabilitas dan Bantu Permudah Akses Pelayanan Publik

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT Sinergi Gula Nusantara (SGN), anak perusahaan PTPN III (Persero) Holding Perkebunan, berkomitmen mewujudkan Indonesia inklusif. Para disabilitas juga akan dibantu agar mudah mengakses pelayanan pendidikan, kesehatan, perlindungan, hingga terpenuhi hak-hak lainnya.

Corporate Secretary PT SGN, Wakhyu Priyadi Siswosumarto, mengatakan pihaknya mendukung penuh kegiatan para disabilitas. Salah satunya, melalui Gebyar Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang digelar UPTD Anak Berkebutuhan Khusus Pemerintah Kabupaten Sidoarjo beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut juga sebagai upaya SGN dalam mewujudkan Indonesia inklusif.

“Mewujudkan Indonesia inklusif di mana para disabilitas dapat dengan mudah mengakses pelayanan pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, hingga terpenuhi hak-hak lainnya. Namun, dibutuhkan dukungan stakeholder, dalam hal ini Pentahelix yang masing-masing memiliki peran dan fungsi yang besar,” ujar Wakhyu.

Baca Juga:  Wamenparekraf Minta ISSITA Jatim Bantu Kembangkan Wisata Olahraga Daerah

Sementara, Kasubdiv Komunikasi dan TJSL SGN, Brilliant Johan Anugerah, mengatakan salah satu peran perusahaan dan dunia industri adalah melalui penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong inklusivitas, kesetaraan dan pemberdayaan disabilitas. Selain menjadi lebih mandiri, juga menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, bahkan bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara.

“SGN memberikan dukungan kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah Anak Berkebutuhan Khusus (UPTD ABK) Kabupaten Sidoarjo melalui program CSR sebagai bagian dari komitmen mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan yakni mengurangi kesenjangan serta mendukung Indonesia inklusif,” ungkap Brilliant.

Baca Juga:  Menkes Budi Gunadi Sadikin Resmikan Gedung Pusat Terpadu dan Gedung Laboratorium RSUD Sidoarjo

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dr Tirto Adi MPd, menjelaskan Kabupaten Sidoarjo merupakan satu dari empat Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang memiliki sarana Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dengan pelayanan anak berkebutuhan khusus terbaik, serta dijadikan rujukan terkait pengelolaan dan manajemen pelayanan.

“Gebyar peringatan Hari Disabilitas Internasional ini begitu penting karena pertama kita ingin melakukan evaluasi sekaligus introspeksi pelayanan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya termasuk UPTD ABK terhadap anak-anak berkebutuhan khusus, anak-anak disabilitas atau anak-anak inklusif,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya ingin memberikan apresiasi sejauh mana pembinaan yang dilakukan para guru pembimbing khusus, guru di sekolah inklusi, di sekolah luar biasa termasuk juga kita memberikan apresiasi terhadap potensi potensi hebat.

“Terakhir, meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan, tidak hanya pemerintah tapi juga dunia usaha, dunia industri, media, komunitas, semuanya bergerak termasuk juga kegiatan peringatan HDI berjalan sukses karena dukungan dari seluruh pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Layani Pelanggan di Surabaya Timur The Palace Jeweler Buka Gerai di Galaxy Mall 1

Dalam kesempatan tersebut, Tirto menegaskan kembali kepada seluruh stakeholder untuk mendorong inklusivitas, kesetaraan dan pemberdayaan disabilitas.

“Terima kasih saya sampaikan kepada PT Sinergi Gula Nusantara yang juga menjadi supporting atau kontributor untuk kesuksesan acara ini, dan mudah-mudahan acara yang semacam ini tiap tahun bisa kita agendakan. Peringatan selanjutnya rencananya sekaligus nanti disertai dengan launching Kartu Biru, Kartu Khusus diberikan kepada anak berkebutuhan khusus, anak disabilitas, dan anak inklusi,” terangnya.

Di sisi lain, SGN juga berencana meluncurkan Kartu Biru. Kartu Biru tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan anak berkebutuhan khusus dalam mendapatkan layanan publik.

“Mereka perlu prioritas layanan. Nah, itu menunjukkan bahwa Pemkab Sidoarjo, Pak Bupati, Pak Wakil Bupati dan dari jajaran legislatif menjadi support yang luar biasa terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *