Piala Asia 2023
Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Hasil Oman Imbang Lawan Kirgistan, Thailand tahan Saudi Arabia, Ini Klasemennya

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023. Kepastian itu setelah di matchday terakhir Grup F Kirgistan bermain imbang 1-1 melawan Oman di Abdullah bin Khalifa Stadium Doha, Qatar, Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Seiring hasil imbang itu Oman mengumpulkan dua poin menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup F dan Kirgistan sebagai juru kunci dengan satu poin.

Dengan demikian, Indonesia yang berada di peringkat ketiga Grup D dengan tiga poin berhak merebut tiket terakhir lolos ke 16 Besar sebagai tim peringkat ketiga terbaik urutan keempat.

Ini menjadi sejarah untuk pertama kalinya Timnas Indonesia menembus fase knock out dalam lima kali keikutsertaan di putaran final Piala Asia.

Putaran final Piala Asia 2023 melibatkan 24 tim. Di babak penyisihan dibagi enam grup, masing-masing grup dihuni empat tim. Juara dan runner up grup ditambah empat tim peringkat ketiga terbaik lolos ke 16 Besar atau fase knock out.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Telan Kekalahan dari Jepang, Ini Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen, Peluang Indonesia Lolos ke 16 Besar Tunggu Grup E dan Grup F

Empat tim yang lolos dari jalur tim peringkat tiga terbaik yakni Jordania (Grup E) mengumpulkan empat poin dengan produktivitas gol (6-3), Palestina (Grup C) di posisi kedua mengantongi empat poin dengan produktivitas gol (5-5), Syria (Grup B) mengoleksi empat poin dengan produktivitas gol (1-1) dan Indonesia (Grup D) di posisi keempat mengantongi tiga poin.

Dua tim peringkat tiga lainnya yang tidak lolos yakni Oman (Grup F) memiliki dua poin dan China (Grup A) juga dengan dua poin.

Hasil pertandingan Kirgistan melawan Oman memang ditunggu-tunggu insan bola Indonesia. Ini karena hasil pertandingan dua tim ini menjadi harapan terakhir Timnas Indonesia untuk lolos atau tidak ke 16 Besar Piala Asia 2023.

Oman yang membutuhkan hasil menang agar lolos ke 16 Besar sempat unggul lebih dulu saat laga baru berjalan delapan menit lewat gol Muhsen Saleh Abdullah Ali Al-Ghassani.

Baca Juga:  Arab Saudi Kalahkan Oman, Gol Penentu Kemenangan di Injury Time, Ini Klasemen, Hasil dan Jadwal Pertandingan
Baca Juga:  Australia Tim Kedua Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Kalahkan Syria 1-0

Sebaliknya Kirgistan yang membutuhkan kemenangan dengan selisih dua gol untuk lolos ke 16 Besar berupaya mengejar ketinggalan. Upaya itu terwujud menit 80 dari gol yang dicetak Joel Kojo. Skor imbang 1-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Di babak 16 Besar Indonesia akan menghadapi juara Grup B Australia, Minggu (28/1/2024). Ini merupakan pertandingan pembuka babak 16 Besar. Sepanjang babak penyisihan Australia tanpa terkalahkan, menang dua kali dan imbang satu kali.

Sementara itu matchday terakhir lainnya di Grup F, Saudi Arabia bermain imbang 0-0 melawan Thailand. Saudi Arabia tampil sebagai juara Grup F mengumpulkan tujuh poin dan Thailand sebagai runner up Grup F mengantongi lima poin. (es)

HASIL PERTANDINGAN GRUP F
SELASA, 16 JANUARI 2024
Thailand 2-0 Kirgistan
Saudi Arabia 2-1 Oman

MINGGU, 21 JANUARI 2024
Oman 0-0 Thailand
Kirgistan 0-2 Saudi Arabia

KAMIS, 25 JANUARI 2024
Saudi Arabia 0-0 Thailand
Kirgistan 1-1 Oman

KLASEMEN AKHIR GRUP F

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Saudi Arabia 32104-17
2.Thailand31202-05
3.Oman30212-32
4.Kirgistan30121-51

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *