Imunisasi Polio Serentak Putaran Pertama di Surabaya Melebihi Target Capai 103,64 Persen

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Capaian SUB Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak di Kota Surabaya putaran pertama pada 15-21 Januari 2024 melebihi target, yakni hingga 103,64 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, mengatakan jumlah capaian imunisasi polio serentak sebanyak 341.612 anak dari target semula sebanyak 329.616 anak. “Capaian SUB PIN Polio sebanyak 341.612 anak atau 103,64 persen,” ujar Nanik melalui keterangan tertulis, Kamis (25/1/2024).

Nanik mengakui, selama pelaksanaan imunisasi polio serentak, tidak ada kendala yang berarti, kesadaran masyarakat soal pentingnya imunisasi polio juga menjadi faktor tercapainya target.

Baca Juga:  119 Mahasiswa Unusa Disebar di 7 Puskesmas Bantu Imunisasi Polio Serentak di Surabaya

“Tidak ada kendala yang berarti, karena kesadaran masyarakat soal pentingnya pemberian imunisasi SUB PIN Polio dari sudut pandang kesehatan sudah sangat membaik,” ungkapnya.

Menurut Nanik, meskipun ada segilintir orang tua yang tidak bersedia anaknya diimunisasi, permasalahan itu bisa diatasi melalui pola sosialisasi, serta menggandeng petugas lintas sektor maupun kampanye sosial media.

“Sosialisasi SUB PIN Polio melalui media sosial, selebaran, poster, pemutaran video dan suara Bapak Wali Kota di tempat-tempat strategis, agar hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan SUB PIN Polio dapat diminimalisasi,” jelasnya.

Baca Juga:  4,4 Juta Anak di Jatim Jadi Sasaran SUB PIN Polio Putaran Pertama
Baca Juga:  Cegah Penyebaran Polio, Pemkab Sidoarjo Gencarkan Sub-PIN Polio

Selain itu, lanjut Nanik, Dinkes Surabaya juga mempercepat SUB PIN Polio dengan menyebar lokasi pelaksanaan di setiap Balai RW dan menerapkan strategi penyisiran atau sweeping rumah warga.

“Tim Puskesmas ke rumah sasaran secara kolaboratif bersama Kecamatan, Kelurahan, Tim Penggerak (PPK) PKK, Kader Surabaya Hebat (KSH), RT/RW dan sivitas akademika yang terlibat dalam tim SUB PIN Polio Kota Surabaya,” terangnya.

Selain itu, Dinkes Surabaya juga membuka Sentra Pos Pelayanan SUB PIN Polio di tempat umum, seperti stasiun, terminal, mal, pasar, tempat ibadah, tempat rekreasi, dan arena bermain anak. “Selanjutnya, imunisasi polio putaran kedua akan dimulai 19-25 Februari 2024,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *